Apakah Benar, Nanas Dapat Menggugurkan Kandungan?

Manfaat Buah Nanas

Manfaat Buah Nanas

Sehat-natural.com – Apakah benar, makan buah nanas ketika hamil dapat menyebabkan keguguran? Di sepanjang masa kehamilan, pastinya anda akan sering mendengarkan banyak sekali nasehat dan berbagai pantangan yang memiliki maksud baik mulai dari keluarga, kerabat, teman atau bahkan ketika berbincang dengan orang asing. Ada banyak sekali informasi yang mungkin akan anda terima dan ternyata informasi tersebut tentunya akan sangat membantu. Meskipun, beberapa informasi diantaranya mungin akan membuat anda merasa ragu, misalnya nasehat seperti jika makanan nanas ketika sedang hamil dapat beresiko menyebabkan keguguran atau kontraksi dini.

Lalu, bagaimana awal mula dari munculnya mitos tersebut?

Perlu anda semua ketahui bahwa sebenarnya di dalam buah nanas mengandung enzim bromelain yang dapat bekerja dalam memecah protein yang ada dalam tubuh, sebab janin yang baru dikandung terdiri dari kandungan sel protein sederhana. Maka masuknya asupan bromelain diduga sangat berpotensi menyebabkan terjadinya pendarahan dan memicu keguguran pada kehamilan muda. Selain itu, kandungan bromelain yang ada di dalam buah nanas juga diduga dapat memberikan rangsangan pada leher rahim yang dapat melunakan dan melonggarkan, sehingga dapat meningkatkan resiko terjadi kontraksi dini dan persalinan dini.

Dugaan ini memang tidak sepenunya salah, karena bromelain yang dikemas dalam bentuk obat suplemen juga sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh wanita hamil. Memang benar bahwa kandungan bromelain ini dapat memecah protein yang ada dalam tubuh dan dapat menyebabkan terjadinya kontraksi dini atau pendarahan abnormal dan bahkan beresiko menyebabkan keguguran.

Ssttt.. Tapi tunggu dulu…

Mitos yang menganggap jika makan nanas saat hamil menyebabkan keguguran pun Tidak sepenuhnya benar, sebab dosis kandungan bromelain yang terkandung di dalam buah nanas tidak cukup tinggi dan kuat untuk bertindak sebagai obat yang dapat berdampak buruk pada kehamilan. Sebagai perbandingannya, menurut penjelasan para ahli berdasarkan informasi yang dilansir oleh University of Maryland Medical Center merekomendasikan agar konsumsi bromelain sebanyak 80-320 mg untuk mengatasi berbagai keluhan yang terjadi pada pencernaan dan peradangan pada otot.

Selain itu, berdasarkan hasil studi yang dilakukan Duke University Medical Center pada tahun 2011, dilansir oleh NCBI menyebutkan bahwa pada satu porsi jus buah nanas segar yang dihasilkan dari proses pemurnian dari batang (sumber paling utama bromelain) hanya mengandung sekitar 16 mg saja. Jumlah kandungan bromelain tersebut hanya ditemukan dalam jumlah sangat kecil dari buah nanas, sehingga tidak cukup kuat untuk dapat memberikan efek secara nyata pada rahim dan juga sistem repoduksi. Tidak hanya itu, sebagian besar kandungan bromelain akan hilang ketika dilakukan proses pengalengan atau pengolahan dalam bentuk jus.

Untuk dapat memberikan efek nyata agar dapat menyebabkan keguguran pada kehamilan, maka seorang ibu hamil mesti mengkonsumsi buah nanas utuh sebanyak 7-10 buah secara sekaligus tanpa diolah terlebih dahulu. Maka pada kesimpulannya, makan buah nanas saat hamil pada umumnya tidak akan berdampak buruk pada kahamilan, asalkan dikonsumsi dalam jumlah yang wajar alias secukupnya saja yaitu sekitar 3 porsi perhari atau di minum dalam bentuk jus segar.

Lalu, apa manfaat makan buah nanas untuk ibu hamil?

Ada banyak sekali manfaat makan buah nanas saat hamil yang bisa dirasakan, makan buah nanas dapat membantu mendorong beragam nutrisi penting bermanfaat yang terkandung di dalam buah nanas, sehingga dapat membantu mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan. Di dalam setiap satu porsi buah nanas potong mengandung kurang lebih sekitar 79 mg vitamin C, nutrisi tersebut bermanfaat untuk meningkatkan produksi kolagen yang dapat mengoptimalkan pertumbuhan kulit, tulang dan tendon bayi. Selain itu, nutrisi tersebut juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh ibu selama kehamilan, karena tubuh ibu hamil membutuhkan sekitar 85 mg vitamin C setiap harinya.

Selain itu, di dalam buah nanas juga mengandung sumber serat yang tinggi yang efektif untuk membantu mengatasi sembeli. Sembalit adalah keluhan yang umum dialami oleh ibu hamil. Di dalam buah nanas juga memiliki kandungan nutrisi lain yang diperlukan oleh tubuh ibu hamil seperti vitamin A, vitamin B6, asam folat, niacin, riboflavin, thiamin, asam pantotenat, kalsium, kalium, magnesium, zat besi dan juga mangan.

Meski demikian, tidak semua wanita hamil boleh mengkonsumsi buah nanas. Mengkonsumsi buah nanas mungkin tidak akan membahayakan nyawa janin atau menyebabkan terjadinya persalinan dini, tetapi buah konsumsi buah nanas dalam jumlah berlebihan tentu akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada tubuh ibu hamil, sehingga bagi anda yang memiliki perut sensitif sebaiknya berhati-hati. Sebab, kandugan asam yang ada dalam buah nanas dapat menyebabkan perut menjadi mulas atau mengalami rifluks asam lambung. Jika anda minum jus nanas dari buah nanas yang masih muda, maka mungkin kandungan bromelain tersebut dapat memberikan efek pencahar yang cukup parah, bahkan menyebabkan diare.

Baca Juga : 

Wanita hamil memiliki potensi cukup tinggi menderita penyakit diabetes gestasional, sehingga anda perlu berhati-hati saat akan mengkonsumsi buah nanas, terutama dalam bentuk jus. Jus buah nanas merupakan sumber gula alami yang terlah terkonsentrasi tinggi dari berbagai jenis buah-buahan dalam bentuk utuh, sehingga dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat dengan tajam apabila jus minum jus dalam jumlah berlebihan dalam satu waktu. Jika memang anda memiliki resiko diabetes gestasional, maka anda masih dapat minum jus nanas ini sebagai bagian kecil dari konsumsi makanan yang memiliki kandungan serat dan protein tinggi. Hal ini dikarenakan, kedua kandungan nutrisi alami tersebut sangat bermanfaat untuk membantu menurunkan respon dari kadar gula darah.

Bagi anda yang tidak biasa konsumsi buah nanas dan menderita semacam alergi setelah konsumsi nanas, maka segera kunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan. Gejala alergi yang termasuk gatal-gatal atau terjadi pembengkakan pada mulut anda, terjadi reaksi kulit seperti (gatal, merah dan bengkak), terkena asma, pilek atau hidung tersumbat. Maka reaksi alergi tersebut biasanya akan terjadi beberapa menit dari suapan buah nanas yang terakhir. Selainitu, anda mungkin akan lebih rentan mengalami alergi nanas apabila anda juga sebeumnya memiliki alergi terhadap serbuk sari dan lateks.

Mengkonsumsi buah nanas selama kehamilam memang tidak akan berpotensi tinggi menyebabkan keguguran atau persalinan dini. Anda dapat memilih mengkonsumsi buah nanas dalam bentuk buah segar, kalengan atau minum jus nanas dalam jumlah normal agar tetap bisa mendapatkan manfaat buah nanas untuk kesehatan dan kehamilan anda tanpa harus merasa khawatir akan berujung pada keguguran. Jika anda masih merasa khawatir untuk menambahkan buah nanas ke dalam menu makanan sehari-hari selama kehamilan, maka anda bisa konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter dan mintalah informasi lebih lanjut mengenai jenis makanan apa saja yang aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Itulah sedikit penjelasan yang dapat kami sampaikan untuk meluruskan mitos mengenai bahaya makan nanas saat hamil yang dapat menyebabkan keguguran. Semoga bermanfaat!

kata untuk mencari artikel ini:
  • apakah benar nanas bisa menggugurkan kandungan
error: