20 Manfaat Pare Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Manfaat Pare

Manfaat Pare

Manfaat Pare dan Kandungannya – Banyak orang yang tidak suka mengkonsumsi pare atau paria, karena sayuran ini mempunyai rasa yang pahit. Rasa pahit pada sayuran pare ini memang terasa sangat melekat di lidah, apalagi biasanya sayuran ini hanya disajikan dengan cara direbusa saja dan sering dijadikan sebagai lalapan.

Namun tahukah anda, ternyata dibalik rasanya yang pahit sayuran ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan, di dalam pare mengandung banyak sekali nutrisi dan gizi yang diperlukan oleh tubuh. Dengan mengkonsumsinya secara rutin apalagi dijadikan sebagai lalapan, maka anda bisa merasakan banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Kandungan Gizi Dan Nutrisi Penting Di Dalam Pare

Di dalam sayuran pare ini memiliki kandungan kalori yang sangat rendah, yaitu hanya sekitar 17 kalori saja pada setiap 100 gram-nya. Meski demikian, di dalam pare mengandung sejumlah nutrisi lain yang sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin, mineral, fitonutrien, serat dan antioksidan yang cukup tinggi dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Menurut dari hasil penelitian, di dalam setiap 100 gram pare mengandung Kalori, sekitar 34 kal. Asam folat, sekitar 0,2 gram, Polyunsaturated, sekitar 0,1 gram, Potassium, sekitar 602 gram, Karbohidrat, sekitar 7 gram, Serat fiber, sekitar 1,9 gram, Gula, sekitar 1 gram dan Protein, sekitar 3,6 gram. Selain itu, dengan rutin mengkonsumsi pare sebanyak 100 gram per hari dapat membantu memenuhi Vitamin A sebanyak 48%, Vitamin B-6 sebanyak 40%, Vitamin C sebanyak 92%, kalsium sebanyak 4%, magnesium sebanyak 23% dan Iron sebanyak 5% dari total kebutuhan harian tubuh.

Manfaat Pare Untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat pare bagi kesehatan tubuh yang penting untuk anda ketahui, diantaranya yaitu :

  1. Meningkatkan Nafsu Makan

Meskipun pare memiliki rasa yang pahit, namun ternyata sayuran ini sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan nafsu makan. Karena di dalamnya tersedia kandungan asam trichosanat dan momordicin yang mampu meningkatkan nafsu makan dan menjaga kesehatan sistem pencernaan. Dengan demikian, makanan yang masuk ke dalam tubuh akan diserap dengan baik oleh tubuh dan dapat merangsang nafsu makan kembali normal.

  1. Membantu Melancarkan Pencernaan

Sama seperti sayuran pada umumnya, pare juga kaya akan kandungan serat yang sangat baik bagi kesehatan pencernaan pada tubuh manusia. Dengan rutin mengkonsumsinya dapat membantu melancarkan pencernaan dan peredaran darah dalam tubuh. Kandungan serat alami pada pare dapat membantu lambung dan usus dalam mencerna makana lebih cepat. Selain itu, di dalam pare atau paria ini memiliki kandungan vtamin C, kalium, beta karoten dan juga serat yang sangat baik untuk mencegah berbagai gangguan kesehatan pada pencernaan.

  1. Membersihkan Darah

Dalam membersihkan darah memang hal yang terbilang sulit untuk dilakukan, karena kondisi tersebut terganggu dengan konsumsi makanan yang sembarangan. Terlebih bagi kaum pria, karena tidak mengalami menstruasi maka akan sangat sulit sekali untuk membersihkan darah dalam tubuh. Para kaum pria tidak perlu khawatir, karena menurut para ahli rasa pahit pada pare atau paria ini sangat bermanfaat untuk membantu dalam membersihkan darah dalam tubuh dan mengurangi kadar gula dalam darah.

  1. Menghilangkan Sembelit

Jika sering mengkonsumsi makanan yang sulit untuk dicerna akan dapat menyebabkan luka pada usus, sehingga menyebabka sembelit. Kandungan serat yang dimiliki pare ternyata sangat ampuh untuk membantu melunakan makanan tersebut dan mengurangi rasa sakit akibat sembelit serta meringankan kerja usus besar dalam mencerna makanan tersebut.

  1. Menurunkan Kolesterol

Bagi anda penderita penyakit kolesterol, mengkonsumsi paria ternyata sangat ampuh untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tuuh. Hal ini dikarenakan, kandungan lemak pada pare atau paria ini hanya sekitar 0,3 gram saja. sedangkan kandungan kalorinya sangat tinggi yaitu sekitar 34 kalori dan karbohidratnya sebanyak 7 gram.

  1. Mengurangi Gejala Bronkhitis

Sama hal nya dengan penyakit asma, bronkhitis juga merupakan jenis penyakit yang cukup dikhawatirkan bagi masyarakat Indonesia. Bagi anda anda yang menderita penyakit Bronkhitis, sebaiknya perbanyak mengkonsumsi sayur paria ini secara rutin dan teratur. Hal ini dikarenakan, rasa pahit pada pare dapat membantu meringankan gejala akibat penyakit tersebut.

  1. Mengatasi Disentri

Disentri salah satu jenis penyakit yang sering dihindari oleh banyak orang, karena penyakit ini dapat membuat tubuh merasa lemas akibat dari tubuh mengalami kekurangan cairan yang disebabkan mencret terus menerus. Jika tidak segera diatas, maka akan sangat berbahaya apalagi jika diderita oleh anak-anak. Untuk mengatasinya, anda bisa minum aire rebusan pare atau paria atau bisa juga dengan rutin mengkonsumsi paria rebus, konsumsi secara rutin setiap hari sampai disentri sembuh.

  1. Mengobati Penyakit Malaria

Penyakit malaria memang menjadi salah satu penyakit yang cukup menakutkan, karena jika tidak segera di obati dapat menyebabkan kematian bagi penderitanya. Penyakit malaria ini satu tingkat lebih tinggi dibandingkan dengan penyakit demam berdarah, sehingga anda harus waspada ketika ada anggota keluarga anda menderita penyakit malaria. Untuk mengobatinya, perbanyak mengkonsumsi pare rebus secara rutin setiap hari karena di dalamnya mengandung karbohidrat dan albiminoid yang cukup ampuh menyembuhkan penyakit malaria.

  1. Mengatasi Penyakit Wasir / Ambeien

Penyakit wasir memang termasuk jenis penyakit yang umum di derita oleh masyarakat di Indonesia, penyebab utama dari wasir sendiri yaitu disebabkan oleh karena konsumsi makanan sembarangan, keturunan dan juga beberapa faktor lainnya. Menderita penyakit wasir memang akan sangat mengganggu, terutama pada saat sedang kambuh. Salah satu cara alami mengatasi wasir yaitu dengan rutin mengkonsumsi pare atau paria secara rutin setiap hari, karena kandungan asam aleonolat dan asam momordial yang terkandung di dalam pare ini mampu mengurangi pembengkakan pada wasir dan sekaligus mencegahnya agat tidak kambuh lagi.

  1. Mengobati Penyakit Kuning

Penyakit kuning biasanya sering terjadi dan di alami oleh bayi yang baru lahir, namun tidak menutup kemungkinan juga jika penyakit ini bisa menyerang orang dewasa. Penyebab dari penyakit kuning sendiri dapat disebabkan oleh karena tubuh kekurangan asupan vitamin D dan nutrisi yang terdapat pada cahay matahari pagi. Untuk mengobati penyakit kuning ini, disarankan untuk sering-sering berjemur di pagi hari dan rutin mengkonsumsi pare atau paria.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kandungan karbohidrat dan kalori yang terdapat pada pare atau paria ini mampu memenuhi nutrisi harian tubuh, sehingga dengan rutin mengkonsumsinya dapat membantu menurunkan berat badan, menghilangkan lemak jenuh dan juga lemak jahat dalam tubuh. selain itu, kandungan karbohidratnya yang cukup tingi mampu memberikan efek rasa kenyang lebih lama sehingga membuat anda tidak ingin makan berlebih. Maka dari itu, buah pare ini sangat baik dimasukan ke dalam daftar menu diet harian anda.

  1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Mengkonsumsi pare rebus secara rutin setiap hari juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi), karena di dalam pare mengandung kalium dan juga zat pahit yang mampu mengendalikan tekanan darah dalam tubuh. Maka dari itu, bagi anda penderita penyakit darah tinggi agar rutin mengkonsumsi pare rebusa atau kukus setiap hari dalam jumlah cukup.

Manfaat Pare Untuk Kesehatan Tubuh Lainnya :

  1. Menurunkan tekanan darah
  2. Mengobati cacingan
  3. Mencegah penyakit leukimia
  4. Menurunkan demam tinggi
  5. Membantu mengeluarkan dahak
  6. Mengatasi impotensi
  7. Mencegah Penyakit Sifilis
  8. Mengatasi panas dalam

Itulah 20 manfaat pare untuk kesehatan yang perlu anda semua ketahui, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih dan sampai jumpa.

error: