13 Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Mentimun

Manfaat Mentimun

Manfaat Mentimun – Mentimun adalah salah satu jenis sayuran yang masih termasuk ke dalam keluarga tanaman seperti semangka dan labu yaitu keluara Cucurbitaceae. Di dalam sayuran ini mengandung kadar air yang sangat tinggi, bahkan kadar air yang terdapat pada mentimun ini mencapai 95% sehingga mengkonsumsi mentimun ini sangat baik untuk membantu menghidrasi tubuh.

Di Indonesia, mentimun sering dijadikan sebagai lalapan atau rujak (dikonsumsi mentah). Banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan dengan rutin mengkonsumsi mentimun ini, karena selain mengandung kadar air yang tinggi juga mengandung banyak sekali nutrisi penting yang sangat baik untuk tubuh.

Kandungan Nutrisi Dan Gizi Dalam Mentimun

Seperti yang telah kami sampaikan bahwa 95% mentimun terdiri dari air. Disamping itu, mentimun juga mengandung kalori, kolesterol, lemak dan sodium yang sangat rendah. Menurut informasi yang kami kutip dari USDA National Database Gizi menjelaskan bahwa di dalam 1 cangkir atau sekitar 119 gram mentimun mengandung air 115 gram, protein 0,8 gram, kalori 16 kkal, lemak 0,2 gram, karbohidrat 2,9 gram (termasuk serat 0,9 gram dan gula 1,8 gram).

Selain itu, di dalam secangkir jus mentimun juga mengandung zat dan nutrisi penting lainnya yang mampu mencukupi kebutuhan harian tubuh seperti  dari vitamin A sekitar 2%, vitamin C sekitar 4%, vitamin K sekitar 11%, kalsium, magnesium, kalium, zat besi, fosfor, mangan, thiamin, riboflavin, asam folat, asam pantotenat, seng dan tembaga.

Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan

Ada banyak sekali manfaat yang akan tubuh kita dapatkan dengan rutin mengkonsumsi mentimun, diantaranya yaitu :

  1. Menjaga Kesehatan Otak

Di dalam mentimu mengandung beberapa zat penting yang disebut dengan flavanol (fisetin), kandungan zat tersebut sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan daya ingat, melindungi sel-sel saraf dan juga mencegah penurunan fungsi otak yang erat kaitannya dengan faktor usia. Setelah dilakukan penelitian pada seekor tikus menunjukan bahwa, di dalam senyawa fisetin yang terkandung di dalam mentimun ini sangat bermanfaat untuk mencegah seseorang terkena penyakit Alzeimer.

  1. Kaya Akan Zat Antioksidan

Di dalam mentimun sangat kaya akan kandungan zat antioksidan, seperti vitamin C, flavonoid, apigenin, quercetin, kaempferol, luteolin dan beta karoten. Peran dari zat antioksidan ini sangat baik untuk membantu melawan serangan radikal bebas berbahaya yang dapat menjadi penyebab munculnya penyakit berbahaya seperti kanker dan penyakit jantung.

  1. Menggantikan Cairan Tubuh Yang Hilang

Berkat kandungan airnya yang mencapai 95%, maka mengkonsumsi mentimun sangat baik untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang, mencega dehidrasi dan membantu menetralisir zat toksin berbahaya dalam tubuh.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Selain memiliki kandungan kalium, mentimun juga mengandung magnesium dan serat yang sangat tinggi yang terbukti sangat baik untuk dikonsumsi oleh para penderita penyakit tekanan darah tinggi ataupun rendah. Keseimbangan terhadap kadar kalium baik di dalam maupun di luar sel-sel dalam tubuh, ternyata sangat baik untuk mengendalikan tekanan darah dalam tubuh.

Sebagai cairan elektrolit, kalium merupakan jenis ion yang mempunyai muaan positif yang sangat penting untuk selalu kita pertahankan dalam tingkat konsentrasi tertentu yaitu (sekitar 30 kali jauh lebih tinggi dari dalam dibandingkan yang terkandung di luar sel) yang bertujuan dalam rangka untuk melaksanakan fungsinya. Dalam hal ini meliputi interaksi dari kandungan zat terhadao kadar sodium, kontraksi otot, membantu kerja transmisi impuls terhadap kontrol saraf dan fungsi organ jantung.

  1. Mengontrol Berat Badan

Mentimu memiliki kandungan kalori yang sangat rendah, sehingga sangat cocok dimasukan ke dalam menu makanan selama menjalani program diet. Di dalam secangkit mentimun hanya mengandung 16 kalori, kandungan serat larut yang terdapat pada mentimun memiliki tekstur yang mirip seperti gel dalam usus, sehingga dapat berfungsi untuk membantu memperlambat proses pencernaan.

Maka dengan rutin mengkonsumsi mentimun selama menjalani program diet, maka dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama. Inilah alasan kenapa dengan rutin mengkonsumsi makanan berserat tinggi dapat membantu mengontrol berat badan, sehingga baik bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

  1. Menjaga Kesehatan Gigi Dan Gusi

Mengunyah mentimun ternyata dapat membantu merangsang kelenjar air liur, sehingga dapat meningkatkan produksi air liur, mengurangi kadar zat asam di dalam mulut dan membasmi perkembangan bakteri yang ada di dalamnya. Selain itu, mengunyah mentimun juga dapat membantu meredakan sakit gigi dan gusi bengkak dengan efektif.

  1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kandungan air dan serat di dalam mentimun sangat tinggi, sehingga keduanya ini memiliki peranan yang sangat penting dan baik untuk membersihkan zat dan racun berbahaya dalam usus. Sementara di bagian kulit mentimun memiliki kandungan serat larut yang sangat baik untuk membantu melancarkan buang air besar, sehingga fungsi dan kesehatan pada sistem pencernaan akan selalu terjaga dengan baik.

  1. Menyembuhkan Penyakit Rematik Dan Asam Urat

Di dalam mentimun mengandung banyak sekali nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh seperti Vitamin A, vitamin B, asam folat, kalium da magnesium. Kandungan nurisi tersebut sangat baik untuk membantu meredakan rasa nyeri akibat penyakit astritis dan juga kadar asam urat berlebih yang menumpuk dalam tubuh.

  1. Menurunkan Hipertensi

Manfaat mentimun juga ternyata sangat dipercaya mampu membantu menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi, karena di dalam mentimun mengandung kalium dan kadar air yang cukup tinggi. untuk mengobati penyakit darah tinggi, pasien penderita hipertensi sebaiknya rutin mengkonsumsi mentimun yang sudah dikukus terlebih dahulu.

  1. Mengobati Penyakit Anemia

Tidak hanya baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi, mengkonsumsi jus mentimun dipercaya sangat baik untuk membantu meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh, sehingga dapat membantu meredakan gejala anemia.

Manfaat Mentimun Untuk Kecantikan

Selain baik untuk kesehatan, ternyata mentimun juga bisa anda manfaatkan untuk dijadikan sebagai bahan untuk melakukan perawatan kecantikan. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

  1. Menghilangkan Mata Panda

Mentimun ternyata sangat efektif digunakan untuk menghilangkan mata panda dan melakukan peremajaan pada kulit di sekitar mata panda. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu menempelkan irisan mentimun dan tempelkan pada area mata.

  1. Menghilangkan Bintik Hitam

Jika anda memiliki masalah dengan munculnya bintik-bintik hitam di area kulit wajah dan leher, maka untuk menghilangkannya bisa memanfaatkan mentimun sebagai bahan untuk melakukan perawatan kecantikan. Hal ini dikanrekana, mentimun sendiri dapat berfungsi sebagai tonik alami yang sangat bermanfaat untuk kulit.

  1. Menghilangkan Kerutan Di Kulit

Melakukan perawatan wajah dengan menggunakan masker mentimun juga sangat baik untuk memberikan kesegaran alami pada kulit wajah. Selain itu, melakukan perawatan wajah dengan masker mentimun juga sangat baik untuk membersihkan kotoran, sel kulit mati dan sekaligus melembabkan kulit wajah. Dengan rutin melakukan perawatan kulit dengan mentimun, maka kulit akan terlihat lebih bersih, cerah dan segar.

Demikianlah ulasan yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat mentimun untuk kesehatan dan kecantikan, semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk para pembaca sekalian. Selamat mencoba dan sampai jumpa.

error: