12 Manfaat Kol Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Manfaat Kol

Manfaat Kol

Sehat-natural.com – Mengkonsumsi sayuran memang sangat menyehatkan, salah satu sayuran yang baik untuk dikonsumsi yaitu kol. Kol atau yang disebut juga dengan kubis ini sering kita jumpai baik di pasar modern maupun di pasar tradisional. Kol sendiri termasuk ke dalam jenis capitata, yaitu jenis sayuran yang lebih memanfaatkan bagian daunnya yang membentuk bulatan padat. Kol sendiri terdiri dari dua jenis yang dibedakan berdasarkan warnanya, yaitu ada kol putih dan kol ungu.

Kandungan Gizi Dan Nutrisi Pada Kol

Sama hal nya dengan kandungan gizi dan nutrisi yang terkadung di dalam jenis sayuran pada umumnya, kol memiliki banyak kandungan gizi dan nutrisi yang sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh. Di dalam kol mengandung vitamin C, B6, K, karbohidrat, asam folat, serat, protein, energi, mangan, kalsium, kalium dan thiamin. Selain itu, kol juga mengandung zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh seperti antioksidan kolin, lutein dan zeaxanthin, beta-karoten, quercetin, flavonoid kaempferol dan apigenin. Kandungan gizi dan nutrisi pada kol ungu jauh lebih banyak dibandingkan dengan kol putih.

Berkat kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung di dalam kol, banyak manfaat yang akan kita dapatkan dengan rutin mengkonsumsi kol untuk kesehatan tubuh kita. penasaran, apa saja manfaatnya? Mari kita simak ulasan selengkapya dibawah berikut ini.

Manfaat Kol atau Gubis Untuk Kesehatan Tubuh

Banyak sekali manfaat mengkonsumsi kol bagi kesehatan tubuh kita, diantaranya yaitu :

  1. Ampuh Cegah Kanker

Di dalam sayuran kol mengandung banyak senyawa penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, salah satunya yaitu senyawa antikanker bernama sulforaphane. Kandungan senyawa ini di yakini sangat ampuh untuk mencegah perkembangan sel kanker di dalam tubuh. Menurut penelitian yang telah dilakukan menunjukan jika dengan mengkonsumsi kol di yakini mampu menghambat dan mencegah berbagai jenis kanker mulai dari kanker esofagus, melanoma, prostat, dan pankreas. Selain itu, manfaat lain dari kol juga dapat menurunkan resiko kanker pada usus, perut, kandung kemih, dan paru-paru.

Ada kabat gembira bagi para kaum wanita, ternyaa rutin mengkonsumsi kol sangat baik untuk membantu menurunkan resiko terkena kanker payudara. Karena, di dalam kol mengandung zat kimia alami bernama apgenin. Bahkan pada kol ungu mengandung senyawa antioksidan anthocyanin yang sudah terbukti sangat ampuh untuk menghambat dan bahkan menghentikan perkembangan sel kanker serta membunuh sel kanker yang sudah terbentuk dalam tubuh.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Selain terbukti sangat ampuh untuk mencegah perkembangan sel kanker di dalam tubuh, mengkonsumsi kol juga ternyata sanga efektif untuk menekan peradangan yang sering menjadi penyebab munculnya berbagai jenis penyakit kardiovaskular. Hal ini dikarenakan, di dalam kol mengandung senyawa polifenol yang sangat tinggi, sehingga mampu menurunkan resiko terkena jenis penyakit kardiovaskular. Cara kerja dari kol ini yaitu dapat dilakukan dengan mencegah penumpukan platelet dan sekaligus menurunkan tekanan darah dalam tubuh.

Bahkan telah dilakukan sebuah penelitian yang menunjukan bahwa dengan menambahkan jus buah-buahan dan sayuran yang telah dicampur dengan kol serta brokoli selama 3-9 minggu dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh bagi mereka yang menderita penyakit kolesterol tinggi.

  1. Meredakan Pembengkakan Pada Payudara

Setelah dilakukan penelitian menujukan bahwa dengan mengkonsumsi kol dapat membantu meredakan dan bahkan menghilangkan pembengkakan atau rasa nyeri pada payudara yang sering di alami oleh ibu menyusui. Caranya yaitu, anda cukup menempelkan daun kol segar pada payudara yang terasa nyeri atau mengalami pembengkakan.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Dan Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kol yang telah dilakukan proses fermentasi sangat kaya akan kandungan probiotik yang sangat bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan juga membantu meningkatkan sistem pencernaan. Kandungan vitamin dan juga mineral yang di ada dalam tubuh dapat terserap dengan baik oleh tubuh berkat mikroba yang satu ini. Tidak hanya itu saja, kandungan serat dan air yang terkandung di dalam kol juga sangat baik untuk membantu dalam mencegah gangguan pencernaan seperti sembelit dan susah buang air besar.

  1. Membantu Proses Pembentukan Sel Darah Merah

Kandungan mineral zat besi yang terkandung di dalam kol sangat efektif untuk membantu proses pembentukan sel darah merah dalam tubuh, sehingga dapat mencegah tubuh mengalami gejala anemia. Mengkonsumsi kol juga dapat disandingkan dengan jus jeruk, karena jus jeruk ini memiliki banyak sekali manfaatnya untuk membantu mengoptimalkan penyerapan zat besi yang didapatkan dari kol.

  1. Mengendalikan Tekanan Darah Dalam Tubuh

Bagi anda penderita hipertensi, maka dengan rutin mengkonsumsi kol ternyata dapat membantu menurunkan tekanan darah dan sekaligus mengendalikannya agar tidak mengalami peningkatan. Hal ini dikarenakan, di dalam kol mengandung kalium, sehingga kol ini termasuk ke dalam salah satu jenis makanan penurun darah tinggi.

  1. Menurunkan Berat Badan Berlebih

Kol termasuk salah satu jenis sayuran yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi bagi mereka yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan secara alami. Hal ini dikarenakan, di dalam kol mengandung nutrisi penting seperti vitamin, serat, mineral dan gizi lainnya yang sangat tinggi serta kandungan kalori yang sangat rendah. Sehingga, meskipun mengkonsumsi kol dapat mengenyangkan tetapi tidak menyebabkan terjadi peningkatan pada berat badan.

  1. Baik Untuk Mendetoksifikasi Tubuh

Kol juga mengandung vitamin C yang sangat tinggi dan zat sulfur yang sangat baik untuk mencegah dan menghilangkan racun atau radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh, sehingga mengkonsumsi kol ini sangat baik untuk melakukan detoksifikasi dalam tubuh.

  1. Menjaga Kesehatan Otak

Di dalam kol mengandung vitamin K dan juga antosianin yang sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan mental dan sekaligus meningkatkan konsentrasi pada otak. Kandungan nutrisi tersebut juga sangat baik untuk mencegah terjadinya kerusakan sistem saraf, mencegah penyakit Alzheimer dan juga demensia. Maka dari itu, mengkonsunsi kol ini sangat baik untuk menjaga kesehatann otak.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan betakaroten yang terkandung dalam kol sangat baik untuk membantu mencegah degenerasi makula dan menjaga kesehatan mata serta mencegah proses pembentukan mata katarak.

  1. Anti Inflamasi

Zat anti inflamasi yang dimiliki pada kol yaitu merupakan sumber utama glutamin yang sangat baik untuk mengurangi efek yang disebabkan oleh berbagai jenis penyakit seperti iritasi, peradanga, alergi, demam, nyeri persendian dan gangguan kesehatan kulit.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat berikutnya yang akan anda dapatkan dengan mengkonsumsi kol di yakini dapat membantu menjaga kesehatan tulang, karena di dalam kol mengandung nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh tulang seperti kalsium, kalium dan magnesium.

Jadi, jangan ragu untuk rutin mengkonsumsi kol dari sekarang.

Itulah 12 manfaat kol untuk kesehatan tubuh kita, semoga dengan adanya informasi dapat menambah pengetahuan kita semua. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

error: