12 Manfaat Daging Kepiting Bagi Kesehatan

Manfaat Kepiting

Manfaat Kepiting

Manfaat Kepiting – Daging kepiting memang sudah sangat terkenal dan populer akan kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung di dalamnya, daging kepiting ini sangat baik dikonsumsi dan dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Daging kepiting memilki rasa yang sangat lezat, sehingga pantas jika harganya lumayan mahal dan hanya bisa dijumpai direstoran-restoran saja.

Selain memiliki rasanya yang sangat lezat dan nikmat, ternyata daging kepiting juga kaya akan kandungan gizi dan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan. penasaran, kandungan apa saja yang ada dalam daging kepiting? Simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

Kandungan Gizi Di Dalam Daging Kepiting

Menurut dari hasil penelitian menujukan bahwa di dalam setiap 100 gram daging kepiting mengandung :

  • Energi, sebanyak 151 kkal
  • Protein, sebanyak 13,8 gram
  • Lemak, sebanyak 3,8 gram
  • Karbohidrat, sebanyak 14,1 gram
  • Kalsium, sebanyak 210 gram
  • Fosfor, sebanyak 250 gram
  • Zat Besi, sebanyak 1 mg
  • Vitamin A, sebanyak 200 IU
  • Vitamin B1, sebanyak 0,05 mg

Selain kandungan gizi dan nutrisi tersebut, mengkonsumsi daging kepiting baik dalam jumlah banyak ataupun sedikit terdapat juga berbagai kandungan zat yang sangat baik dan bermanfaat seperti vitamin B12, omega 3, mineral zinc, mineral copper, mineral kalsium dan juga lemak jenuh.

Manfaat Daging Kepiting Untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat mengkonsumsi daging kepiting, diantaranya yaitu :

  1. Meningkatkan Stamina Dan Energi Tubuh

Mengkonsumsi daging kepiting sangat efektif untuk membantu merangsang proses metabolisme dalam tubuh, terutama dalam meningkatkan proses metabolisme terhadap asam lemak dan asam amino. Inilah yang membuat tubuh merasa lebih bersemangat dan berenergi.

  1. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Daging kepiting mengandung protein yang tinggi, sehingga sangat baik untuk membantu mempercepat dalam proses penyembuhan luka, baik itu luka yang disebabkan oleh karena luka sayat ataupun luka bakar. Hal ini dikarenakan, kandungan protein dapat berfungsi sebagai zat pembangun yang dapat membantu proses regenerasi sel-sel yang telah rusak.

  1. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Di dalam daging kepiting juga mengandung sejumlah zat-zat penting yang bermanfaat untuk membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh seperti asam lemak omega 3, mineral selenium dan juga protein dalam jumlah yang cukup tinggi. maka dari itu, mengkonsumsi daging kepiting ini sangat dianjurkan ketika sedang memasuki musim pancaroba atau cuaca yang sangat ekstrim. Daging kepiting ini bisa dijadikan sebagai sup, sehingga dapat membuat tubuh terasa lebih segar dan bugar.

  1. Mencegah Resiko Mengalami Serangan Jantung

Di dalam daging kepiting juga mengandung asam lemak omega 3 yang dapat berperan aktif dalam menetralisir kadar kolesterol jahat dalam darah, zat tersebut pun telah didukung dengan mineral selenium yang dapat mencegah terjadinya kerusakan terhadap sel-sel dalam tubuh. kerusakan tersebut disebabkan oleh karena adanya radikal bebas berbahay yang masuk ke dalam tubuh dan dapat memicu resiko serangan jantung dan penyakit jantung.

  1. Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak

Kandungan omega 3 yang terkandung di dalam daging kepiting juga sangat bermanfaat untuk membantu merangsang perkembangan otak anak pada masa pertumbuhan, sehingga daging kepiting ini sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak dan juga ibu hamil untuk mendukung tumbuh kembang janin yang ada dalam kandungannya.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Mengkonsumsi daging kepiting juga sangat baik untuk memelihara kesehatan mata agar daya penglihatan mata tetap terjaga dengan baik, serta terhindar dari berbagai resiko penyakit mata atau gangguan kesehatan mata lainnya. Hal ini dikarenakan, di dalam daging kepiting juga mengandung sumber vitamin A yang terkenal akan manfaatnya untuk kesehatan mata.

  1. Mencegah Osteoporosis

Kandungan nutrisi pemting lainnya yang ada dalam daging kepiting ini yaitu seperti kalsium, fosfor, tembaga dan juga zat besi yang berperan penting dalam menyusun berbagai sel-sel dan juga syaraf dari tulang. Kandungan mineral penting tersebut cukup tinggi dan mampun memenuhi kebutuhan harian tubuh, sehingga dengan mengkonsumsi daging kepiting dipercaya mampu menjaga kesehatan tulang dan juga mencegah penyakit osteoporosis.

  1. Merangsang Pembentukan Otot-Otot Tubuh

Berkat kandungan protein yang sangat tinggi di dalam daging kepiting ini, maka tak heran jika daging kepiting ini sangat bermanfaat untuk membantu merangsang dalam proses pembentukan otot-otot tubuh. dengan diimbangi rajin berolahraga, maka tubuh akan terlihat lebih atletis dan proporsional.

  1. Mendukung Tumbuh Kembang Janin Dan Bayi

Ibu hamil dan menyusui juga sangat baik untuk mengkonsumsi daging kepiting, karena di dalam daging kepiting mengandung jumlah protein yang cukup tinggi dan juga mengandung asam lemak omega 3. Kedua kandungan gizi tersebut sangat baik untuk mendukung proses tumbuh kembang janin dan juga bayi. Terutama untuk asam lemak omega 3 ini sangat bermanfaat dalam membantu pembentukan membran sel-sel otak janin dan bayi. Namun akan lebih baiknya, tetap ibu hamil dan menyusui harus mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter, karena dikhawatirkan anda memiliki alergi terhadap makanan ini.

  1. Mencegah Kanker

Dengan adanya kandungan mineral selenium yang ada dalam daging kepiting, sehingga dapat berperan penting dalam melindungi sel-sel yang sehat dari serangan radikal bebas. Terlebih lagi ditunjang dengan adanya zat-zat seperti protein, omega 3 dan mineral zinc yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. dengan demikian, tubuh akan lebih sehat dan terhindar dari resiko terkena penyakit kanker dan tumor ganas.

  1. Mencegah Dan Mengobati Anemia

Kandungan zat besi yang terkandung di dalam daging kepiting juga dapat bermanfaat untuk mencegah sekaligus mengobati anda yang sedang menderita penyakit anemia. Selain itu, di dalam daging kepiting juga mengandung vitamin B12, tembaga dan zinc yang merupakan suatu zat penyusun dalam pembentukan sel-sel darah merah dalam tubuh.

  1. Mencegah Penyakit Prostat

Daging kepiting juga ternyata sangat bermanfaat untuk mencegah terkena penyakit prostat, karena di dalam daging kepiting ini mengandung mineral zinc yang sangat berperan penting dalam mencegah perkembagan penyakit tersebut.

Efek Samping Mengkonsumsi Kepiting Secara Berlebihan

Meskipun terkenal kaya akan kandungan gizi dan nutrisi penting yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, tetapi jika anda memiliki gejala alergi sebaiknya menghindari makanan ini. Hal ini dikarenakan, bagi penderita alergi yang mengkonsumsi daging kepiting secara berlebihan dapat menyebabkan muncul ruam dan bahkan anafilaksis yang dapat berujung pada kematian jika tidak segera mendapatkan penanganan medis.

Selain itu, daging kepiting juga dapat menyebabkan seseorang mengalami keracunan makanan apabila proses pengolahan dan memasaknya tidak dilakukan dengan benar. Sebelum memasaknya, daging kepiting harus direbus dalam waktu yang lama dan dilakukan minimal 2 kali perebusan untuk menghilangkan zat-zat yang bersifat racun di dalamnya.

Itulah beberapa manfaat daging kepiting yang dapat dirasakan untuk kesehatan tubuh kita, semoga dengan adanya informasi ini dapat bermanfaat untuk para pembaca sekalian. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

error: