10 Manfaat Ikan Tuna Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Ikan Tuna

Manfaat Ikan Tuna

Manfaat Ikan Tuna – Ikan tuna merupakan jenis ikan yang masih berkerabat dekat dengan jenis ikan Cakalang dan juga ikan Tongkol, karena ketiga jenis ikan ini sama-sama termasuk ke dalam keluarga Scombride. Ikan tuna memang sangat populer di dunia perikanan, karena permintaan pasar ikan terhadap ikan ini sangat besar mulai dari ikan tuna mata besar hingga ikan tuna sirip biru. Untuk bisa mendapatkan ikan tuna sangat dibutuhkan keahlian dan alat khusus, karena jenis ikan ini sangat besar dan agresif.

Meskipun ikan tuna begitu populer di dunia perikanan, akan tetapi beberapa jurnal kesehatan sudah mulai memberikan peringatan kepada masyarakat untuk berhati-hati mengkonsumsi ikan tuna. Hal ini disebabkan dari hasil penelitian menunjukan bahwa ikan tuna mengandung zat kimia merkuri yang sangat berbahaya bagi kesehatan, sehingga masyarakat yang akan mengkonsumsinya harus lebih hati-hati dalam melakukan pengolahannya. Zat kimia merkuri ini memiliki dampak yang sangat besar bahayanya bagi kesehatan apabila masuk ke dalam tubuh, karena dapat menimbulkan efek neurotoksik yang dapat mengganggu kerja dari sistem syaraf.

Selain itu, zat merkuri ini jika sudah masuk ke dalam tubuh dan tercerna tidak akan pernah bisa dikeluarkan lagi dari dalam tubuh dan jika sudah menumpuk di dalam tubuh dapat menjadi pemicu kanker. Bahkan jika merkuri ini masuk ke dalam tubuh ibu hamil, makan janin yang ada dalam kandugannya bisa mengalami cacat lahir dan bahkan kematian di dalam kandungan. Sungguh menyeramkan, bukan?.

Namun anda tidak perlu cemas, karena disamping itu ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi ikan tuna ini, bahkan manfaat dari ikan tuna ini jauh lebih besar dibandingkan bahayanya. Asalkan kita lebih cermat dalam mengolahnya dan lebih bijak dalam mengkonsumsinya.

Kandungan Gizi Ikan Tuna

Berdasarkan hasil penelitian, di dalam setiap 100 gram ikan tuna mengandung :

  • Protein, sekitar 30 gram
  • Kalori, sekitar 184 kkal
  • Asam folat, 1,6 gram
  • Saturated fat, sekitar 1.6 g
  • Polyunsaturated fat, sekitar 1.8 g
  • Monounsaturated fat, sekitar 2.1 g
  • Kolesterol sekitar 49 mg
  • Sodium sekitar 50 mg
  • Potasium, sekitar 323 mg

Selain itu, ikan salmon juga mengandung vitamin A, Vitamin B6, vitamin B12, asam lemak omega 3 yang sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh.

Manfaat Ikan Tuna Untuk Kesehatan Tubuh

Ada banyak sekali manfaat megkonsumsi ikan tuna yang bisa kita dapatkan bagi kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

  1. Membentuk Otot Tubuh

Untuk dapat membentuk otot tubuh secara optimal dibutuhkan asupan protein dalam jumlah besar, untuk mendapatkan asupan protein hewani dalam jumlah cukup, anda bisa mendapakannya dari ikan tuna ini. karena, di dalam ikan tuna mengandung protein hewani yang cukup besar.

  1. Mengoptimalkan Kerja Otak Dan Sistem Syaraf

Di dalam daging ikan tuna mengandung asam lemak omega 3 yang sangat baik untuk membantu mengoptimalkan kerja otak dan juga sistem syaraf dalam tubuh. Jika sistem syaraf sudah terintegrasi, maka akan dapat merespon zat asam lemak omega 3 ini sebagai kandungan nutrisi penting yang sangat lezat.

  1. Membantu Menurunkan Kadar Trigliserida Dalam Darah

Manfaat lain dari mengkonsumsi ikan tuna ini dapat membantu menurunkan kadar trigliserida. Trigliserida sendiri merupakan kadar lemak yang telah dihasilkan oleh tubuh akibat dari seseorang terlalu banyak mengkonsunsi gula (glukosa).

Sebenarnya lemak bisa menjadi sumber energi yang sangat baik bagi tubuh, tetapi jika kadarnya terlalu berlebihan jusru dapat menjadi pemicu peningkatan kadar gula darah dan akhirnya menyebabkan seseorang menderita penyakit diabetes. Namun dengan mengkonumsi ikan tuna dalam jumlah cukup, maka kadar trigliserida dalam darah akan tetap stabil.

  1. Membantu Membersihkan Pembuluh Darah Arteri Dan Vena

Pembuluh darah dalam tubuh manusia sebenarnya ibarat seperti sebuah terowongan yang setiap saat menjadi jalan peredaran darah dalam tubuh, sebagaimana jalan raya yang bisa mengalami kerusakan dan juga akumulasi kotororan, sehingga sangat perlu dilakukan perawatan dan perbaikan secara berkala. Begitupun dengan pembuluh darah arteri maupun vena, keduanya akan menimbulkan plak lemak atau kotoran yang menepel yang dapat menyebabkan penyumbatan pada saluran pembuluh darah itu sendiri jika tidak segera dibersihkan.

Maka dari itu, mengkonsumsi ikan tuna ini bisa menjadi salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk membersihkan saluran pembuluh darah tersebut dari tumpukan plak lemak, sehingga sirkulasi darah pun bisa tetap lancar dan seluruh organ dalam tubuh dapat bekerja dengan baik dan lancar sebagaimana mestinya.

  1. Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol

Adanya kadar kolesterol dalam darah sering dianggap sebagai pemicu dari kemunculan penyakit seperi pegal-pegal dan juga sakit kepala yang sering kali di alami oleh orang dewasa. Kadar kolesterol tinggi dalam darah biasanya akibat terlalu sering mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak. Untuk mengatasinya cukup mudah, anda bisa mengkonsumsi daging ikan tuna yang diolah dengan cara di kukus atau dibuat sup. Hindari mengolah ikan tuna dengan digoreng, karena pada alaminya di dalam daging ikan tuna memiliki kadar minyak yang cukup tinggi.

  1. Sebagai Terapi Alternatif Untuk Penderita Penyakit Jantung Koroner

Tidak hanya orang tua saja yang beresiko menderita penyakit jantung koroner, anak muda juga cukup beresiko jika kurang memperhatikan gaya hidup dan pola makan sehat setiap hari dan bahkan balita juga bisa terkena penyakit berbahaya ini. Penyebab utama dari penyakit jantung koroner ini sering kali disebabkan oleh faktor keturunan dan gaya hidup yang tidak sehat, seperti jarang olahraga, sering mengkonsumsi makanan berlemak jahat.

Untuk mengatasinya, anda bisa melakukan terapi alami dengan cara mengkonsumsi daging ikan tuna. Hal ini dikarenakan, di dalam ikan tuna mengandung banyak sekali gizi dan nutrisi penting yang mampu memperbaiki kesehatan dan kerja organ jantung kita.

  1. Mengurangi Peradangan (Anti Inflamasi)

Kandungan zat yang terdapat di dalam daging ikan salmon juga ada yang bersifat anti inflamasi, zat tersebut memiliki kemampuan yang sangat efektif untuk meredakan peradangan seperti radang gigi, kulit, otak dan peradangan lainnya yang terjadi dalam tubuh.

  1. Mencegah Dan Menyembuhkan Penyakit Diabetes

Manfaat lain dari mengkonsumsi daging ikan tuna ini dipercaya efektif untuk membantu menurunkan kadar gula darah dengan cepat dan menjaganya agar tetap stabil pada batas normal.

  1. Mencegah Depresi Dan Stres

Mengkonsumsi ikan tuna juga bermanfaat untuk membantu mengendalikan suasana hati, sehingga dapat membuat hati merasa lebih tenang dan bahagia. Hal ini dikarenakan, di dalam daging ikan tuna mengandung DHA dan EPA yang sangat baik untuk menyegarkan otak.

  1. Baik Untuk Ibu Hamil Dan Janin

Berkat kandugan asam folat dan omega 3 yang terkandung di dalam daging ikan tuna ini, sehingga ibu hamil yang mengkonsumsinya dalam jumlah yang cukup dapat membantu menjaga kandungan tetap sehat dan tumbuh kembang janin pun bisa lebih optimal.

Jadi, meskipun ada dampak bahayanya asalkan di olah dengan benar dan dikonsumsi dalam jumlah yang cukup justru akan memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat ikan tuna untuk kesehatan tubuh, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

error: