10 Manfaat Ikan Lele Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Ikan Lele

Manfaat Ikan Lele

Manfaat Ikan Lele – Ikan lele adalah jenis ikan yang digemari oleh banyak masyarakat, karena rasanya yang sangat lezat dan gurih sehingga ikan ini sering diolah untuk dijadikan sebagai masakan favorit. Selain memiliki rasa yang lezat dan gurih, ternyata mengkonsumsi daging ikan lele ini sangat baik dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Di Indonesia, salah satu resep masakan ikan lele yang paling diminati oleh banyak kalangan masyarakat yaitu seperti pecel lele. Dalam penyajian pecel lele ini, ikan lele di goreng atau dibakar hingga matang, lalu di lengkapi dengan sambal dan lalapan segar. Pastinya sangat nikmat dan dapat menggugah selera makan kita.

Kandungan Gizi Ikan Lele

Selain memiliki rasa yang lezat dan nikmat, ternyata daging ikan lele ini memiliki banyak sekali kandungan gizi yang sangat penting dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Ini dikarenakan, di dalam setiap 100 gram daging ikan lele mengandung energi sekitar 229 kkal, protein sekitar 18 gram, karbohidrat sekitar 8 gram, lemak sekitar 13 gram dan serat sekitar 0,7 gram. Selain itu, di dalam daging ikan lele juga mengandung vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin D, kalsium, kalium, magnesium, fosfor, natrium dan beberapa kandungan zat lain yang baik untuk kesehatan tubuh.

Untuk ikan lele yang dibudidayakan dari sebuah peternakan, kemungkinan besar mengandung zat merkuri yang sangat sedikit, karena dalam perawatan harianya diberikan jenis pakan khusus. Selain itu, ikan lele yang berasal dari peternakan mengandung asam amino 3 yang sedikit dan asam amino 6 yang lebih banyak. Asupan asam amino ini terbukti sangat efektif untuk membantu mencegah pertumbuhan dan perkembangan sel kanker jenis tertentu, mengurangi efek peradangan berupa rheumatoid artritis, menurunkan tekanan darah tinggi dan bahkan dapat menjaga kesehatan mental.

Meski demikian, menurut hasi dari sebuah penelitian menjelaskan bahwa kandungan asam omega 6 yang terkandung di dalam ikan lele dapat mempengaruhi dalam proses pembekuan darah dan sangat rentan terkena proses oksidasi. Sehingga, asupan asam omega 6 secara berlebih dapat meningkatkan resiko terhadap penggumpalan darah, peradangan pada usus besar dan juga kanker.

Porsi Cukup Konsumsi Ikan Lele

Ikan salah satu jenis hewan yang mengandung protein tinggi dan baik untuk mendukung kesehatan jantung. Meski demikian, kita harus tetap hati-hati ketika akan memilih ikan sebagai hidangan utama bagi keluarga, terutama bagi balita, anak-anak dan ibu hamil. Sebaiknya pilih jenis ikan yang paling sedikit mengandung merkuri, baik itu yang berasal dari lingkungan maupun industril. Masuknya zat merkuri yang berlebih ke dalam tubuh manusia akan berdampak burung bagi kesehatan, seperti terganggunya tumbuh kembang balita dan anak-anak, beresiko terkena penyakit kardiovaskular dan bahkan dapat menyebabkan hilang ingatan pada orang dewasa yang mengkonsumsinya.

Maka dari itu, untuk mendapatkan manfaat ikan lele ini dan sekaligus meminimalisir resiko yang akan ditimbulkannya, sebaiknya anda membatasi untuk mengkonsumsi ikan lele ini. untuk mendapatkan asupan gizi dari ikan, sebaiknya variasikan jenis ikan yang akan dikonsumsi yang memiliki kandungan gizi tinggi seperti ikan salmon atau ikan tuna. Konsumsi daging ikan sebaiknya tidak lebih dari dua kali dalam seminggu. Selain itu, hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan yaitu dalam cara pengolahannya. Pastikan anda memasaknya dengan cara yang baik dan sehat seperti dikukus atau di panggang. Jika anda ingin menambahkan saus, sebaiknya pilih saus yang rendah kalori agar manfaat yang didapatkan lebih optimal bagi tubuh.

Manfaat Ikan Lele Untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat mengkonsumsi daging ikan lele bagi kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

  1. Baik Untuk Pencernaan

Setiap tubuh manusia sangat membutuhkan asupan cairan dalam jumlah yang cukup setiap harinya untuk mendukung fungsi organ ginjal agar bekerja dengan optimal. Selain dapat dilakukan dengan minum air putih dalam jumlah cukup, jenis makanan yang dikonsumsi pun sebaiknya mengandung kadar air dalam jumlah banyak pula agar makanan tersebut lebih mudah untuk dicerna. Mengkonsumsi ikan lele ini sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan, karena di dalam daging ikan lele mengandung kadar air yang cukup tinggi.

  1. Merangsang Pembentukan Otot Tubuh

Otot-otot tubuh dapat terbentuk karena asupan protein dalam jumlah cukup untuk tubuh, namun tidak semua protein dapat dihasilkan secara alami oleh tubuh manusia sehingga harus tetap dibantu dengan asupan protei tambahan yang bisa diperoleh dari makanan. Untuk mendapakan asupan protein tambahan yang baik untuk merangsang pembentukan otot-otot tubuh, anda bisa mengkonsumsi daging ikan lele.

  1. Dapat Memasok Energi Tubuh

Kandungan lemak yang terdapat di dalam daging ikan paling tinggi yaitu kandungan lemak tak jenuh, sehingga dapat dicerna dengan baik dan tidak menyebabkan akumilasi plak kolesterol tertinggal pada dinding pembuluh darah. Begitupun dengan kandungan lemak yang terdapat pada ikan lele.

  1. Baik Untuk Mendukung Diet

Tahukah anda, ternyata kandungan karbohidrat sangat baik untuk membantu menambah berat badan. Karena, setiap karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh akan dicerna dan diubah menjadu gula, dimana kadar gula tersebut dapat menyebabkan penumpukan kadar lemak berlebih dalam tubuh. maka untuk mengurangi kadar lemak dalam tubuh, anda bisa mengkonsumsi daging lele karena kandungan proteinnya yang tinggi mampu mengolah kadar gula menjadi sumber energi bagi tubuh. Maka dari itu, mengkonsumsi ikan lele ini sangat baik dikonsumsi oleh anda yang sedang menjalani program diet.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang Dan Gigi

Untuk mendapatkan asupan kalsium dalam jumlah cukup tidak hanya bisa didapatkan dari susu saja, tetapi ikan lele juga mengandung kalsium dalam jumlah cukup tinggi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

  1. Membantu Melancarkan Peredaran Darah Dan Metabolisme Tubuh

Di dalam daging ikan lele juga mengandung zat besi, zat tersebut sangat baik untuk membantu melancarkan peredaran darah dan melancarkan sistem metabolisme tubuh.

  1. Baik Untuk Kesehatan Mata

Manfat ikan lele juga dipercaya sangat baik untuk menjaga kesehatan mata, karena di dalam ikan lele juga mengandung vitamin A yang cukup tinggi, sehingga dapat membuat mata terlihat lebih jernih dan bersinar serta terhindar dari resiko terkena gangguan kesehatan mata.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Mengkonsumsi daging ikan lele juga dipercaya mampu menjadikan tubuh lebih sehat dan tahan terhadap serangan penyakit, karena di dalam daging ikan lele mengandung vitamin B1 yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Di dalam daging ikan lele mengandung zat besi dan juga kalium yang bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah dan suplai darah serta oksigen dalam jumlah cukup menuju ke organ jantung, sehingga organ jantung akan tetap sehat dan dapat bekerja dengan optimal.

  1. Mencegah Stroke

Mengkonsumsi ikan lele juga tidak hanya baik untuk melancarkan peredaran darah dan menjaga kesehatan jantung saja, tetapi juga mampu mencegah seseorang terkena serangan stroke secara tiba-tiba. Seperti yang telah kita ketahui bahwa penyakit stroke ini disebabkan oleh karena peredaran darah yang tidak lancar, sehingga menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Namun dengan mengkonsumsi ikan lele, penyebab stroke tersebut bisa dicegah dan anda pun akan terhindar dari resiko terserang stroke.

Itulah beberapa manfaat ikan lele untuk kesehatan tubuh, namun pastikan anda tetap harus membatasinya jangan terlalu sering dan berlebihan mengkonsumsinya. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

error: