12 Manfaat dan Kandungan Hati Ayam Untuk Kesehatan

Manfaat Hati Ayam

Manfaat Hati Ayam

Manfaat dan Kandungan Hati Ayam – Banyak orang yang takut untuk makan jeroan, karena makan jeroan dianggap dapat meningkatkan kolesterol dalam tubuh. Padahal, makan jeroan sangat bermanfaat bagi kesehatan asalkan dikonsumsl dalam jumlah yang wajar. Kecuali untuk seseorang yang sudah terindikasi memiliki penyakit kolesterol tinggi, tentunya makan jeroan harus di hindari. Namun, bagi anda yang tidak terindikasi mengidap penyakit kolesterol tinggi, mengkonsumsi jeroan ternyata memiliki banyak sekali manfaatnya untuk kesehata.

Mungkin tidak semua orang tahu jika ternyata ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan mengkosnumsi jeroan, hati ayam misalnya. Selama ini banyak kalangan masyarakat yang khawatir untuk mengkonsumsi hati ayam, mereka takut jika kolesterol akan meningkat secara tiba-tiba. Untuk itu, bagi anda yang belum mengetahui apa saja manfaat hati ayam sebaiknya simak ulasan yang akan kami bahas dibawah berikut ini.

Kandungan Gizi Di Dalam Hati Ayam / Ati Ampela

Sebelum kami membahas mengenai manfaat hati ayam, akan lebih baik jika anda juga mengetahui kandungan gizi apa saja yang terkandung di dalamnya. Di dalam satu porsi atau sekitar 3 ons hati ayam matang mengandung kalori sekitar 130 kalori, protein sekitar 21 gram dan lemak sekitar 5 gram. Di dalam setiap satu porsi hati ayam mengandung vitamin A sebanyak 12.228 UI, Vitamin B sebanyak 1218 mg, vitamin B-6 sebanyak 0,7 mg dan vitamin C 2,3 mg. Selain itu, di dalam hati ayam juga memiliki sejumlah kandungan zat lain seperti folat sebanyak 476 mg, riboflavin sebanyak 2 mg, niacin sebanyak 11,8 mg, tiamin sebanyak 25 mg, zat besi sebanyak 11 mg, fosfor sebanyak 376 mg dan magnesium sebanyak 23 mg.

Di lihat dari banyaknya kandungan gizi yang tersedia dalam hati ayam, maka pantas saja jika banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsinya. Namun perlu di ingat, meski memiliki banyak manfaatnya, jangan mengkonsumsinya dalam jumlah berlebihan, karena dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan.

Ukuran Porsi: 100 gram (g)
per porsi
Kilojoule 485 kj
Kalori 116 kkal
Lemak 4,83 g
Lemak Jenuh 1,563 g
Lemak Trans 0,065 g
Lemak tak Jenuh Ganda 0,819 g
Lemak tak Jenuh Tunggal 1,249 g
Kolesterol 345 mg
Protein 16,92 g
Karbohidrat 0 g
Serat 0 g
Gula 0 g
Sodium 71 mg
Kalium 230 mg

Manfaat Hati Ayam Untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat hati ayam untuk kesehatan tubuh yang penting untuk anda ketahui, diantaranya yaitu :

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Apakah anda tahu, ternyata di dalam setiap 1 ons hati ayam menyediakan sekitar 120 persen dari total asupan vitamin A harian tubuh. Dengan terpenuhinya asupan vitamin A ini sangat bermanfaat untuk memelihara kesehatan mata dan mencegah resiko gangguan mata akibat dari efek pencahayaan pada mata dan juga menurukan resiko katarak. Disamping itu, manfaat vitamin A juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh tidak akan mudah sakit.

  1. Sebagai Sumber Energi

Manfaat lainnya dari mengkonsumsi hati ayam yaitu dapat dijadikan sebagai sumber anergi tubuh terbaik, sehingga hati ayam ini termasuk jenis makanan yang banyak dicari oleh para atlet dan olahragawan untuk meningkatkan energi tubuhnya sehari-hari. Hati ayam terkenal dengan kandungan proteinnya yang sangat tinggi, sehingga dapat membantu meningkatkan jumlah energi tubuh untuk mendukung rutinitas sehari-hari.

  1. Meningkatkan Fungsi Otak dan Mencegah Penyakit Alzheimer

Tahukah anda, apa itu penyakit Alzheimer? Meskipun penyakit alzheimer tidak seseram seperti kanker, namun penyakit alzheimer ini juga cukup ditakuti oleh banyak orang, karena penyakit ini dapat membuat penderitanya mengalami kehilangan ingatan dan akan mengalami kesulitan untuk berpikir. Dengan mengkonsumsi hati ayam, maka kesehatan dan fungsi otak akan mengalami peningkatan, karena di dalam hati ayam mengandung vitamin B12 yang mampu memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh otak.

  1. Membantu Meningkatkan Pembentukan Sel Darah Merah

Banyak alasan kenapa bayi dan balita dianjurkan untuk diberi makan hati ayam, salah satu manfaatnya dapat membantu dalam proses pembentukan sel darah merah yang dibutuhkan oleh tubuh bayi dan balita pada masa pertumbuhan. Hal ini dikarenakan, di dalam hati ayam memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. selain baik untuk bayi dan balita, ternyata mengkonsumsi hati ayam juga baik untuk dikonsumsi oleh anak-anak dan dewasa.

Manfaat sel darah merah sendiri berfungsi untuk menyuplai oksigen dan meningkatkan jumlah energi dalam tubuh. Maka bagi anda yang mengalami masalah dengan penyakit anemia, disarankan untuk rutin mengkonsumsi hati ayam dalam jumlah cukup. Sebab, hati ayam dapat membantu meningkatkan asupan zat besi untuk mencegah tubuh mengalami kekurangan sel darah merah.

  1. Menjaga Kesehatan Dan Fungsi Jantung

Banyak orang yang beranggapan jika hati ayam mengandung kolesterol yang tinggi, mengkonsumsi makanan yang mengadung kolesterol tinggi dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Namun berebeda dengan hati ayam, jika anda dikonsumsi dalam jumlah yang cukup dan tidak terlalu sering dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan sekaligus meningkatkan fungsi jantung itu sendiri.

Hal ini dikarenakan, kadar kolesterol yang terkandung di dalam hati ayam termasuk jenis kolesterol baik, sehingga sangat baik untuk membantu dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, kolesterol baik yang terkandung di dalam hati ampela juga dapat bermanfaat untuk membantu meningkatkan sumber energi dalam tubuh.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang Dan Gigi

Manfaat hati ayam untuk kesehatan lainnya yaitu dipercaya baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, apalagi jika dikonsumsi oleh anak-anak dalam masa pertumbuhan. Di dalam hati ayam mengandung fosfor lebih dari 40 persen dari setiap 1 ons, fosfor sendiri termasuk mineral penting yang sangat dibutuhkan untuk menjaga dan meningkatkan pertumbuhan tulang dan gigi. Itulah sebabnya, kenapa bayi dan anak-anak sangat baik diberi makan hati ayam. Sedangkan pada orang dewasa, fosfor ini sangat baik untuk membantu meningkatkan kekuatan tulang dan mencegah penyakit osteoporosis.

  1. Membantu Meningkatkan Kesuburan Pria Dan Wanita

Kesuburan memang menjadi hal yang sangat penting untuk bisa mendapatkan keturunan. Jika kesuburan pria terganggu, maka wanita sebagai pasangannya akan sulit untuk bisa hamil dan begitupun sebaliknya. Oleh sebab itu, baik bagi kaum pria maupun wanita tentunya harus sama-sama memperhatikan faktor kesuburan terhadap reproduksinya, sehingga pasangan suami istri yang ingin cepat mendapatkan keturunan bisa segera terlaksana.

Di dalam hati ayam memiliki kandungan asam pantotenat yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kerja dari kelenjar adrenal, kelenjar adrenal ini akan berkontribusi untuk membantu dalam meningkatkan produksi hormon yang dapat mempengaruhi kesuburan, salah satunya hormon testosteron. Maka dengan rutin mengkonsumsi hati ayam, kesuburan pria dan wanita akan menjadi lebih baik.

Manfaat Hati Ayam Lainnya :

  1. Menambah Berat Badan
  2. Meningkatkan Nafsu Makan
  3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
  4. Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak
  5. Mencegah Kanker Dan Stroke

Catatan :

Meskipun memiliki banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan, namun tidak disarankan untuk dikonsumsi secara berlebihan, karena dapat menimbulkan efek buruk bagi kesehatan.

Itulah 12 manfaat hati ayam untuk kesehatan yang dapat kami sampaikan kepada anda semua, semoga dengan adanya informasi ini dapat membantu memberikan solusi ataupun pengetahuan bagi para pembaca sekalian.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

error: