10 Manfaat Daging Keong Bagi Kesehatan

Manfaat Keong

Manfaat Keong

Manfaat Keong – Keong adalah jenis hewan bercangkang dan tidak memiliki tulang belakang pada tubuhnya, hewan ini dalam nama latinnya disebut dengan Pila Ampullance yang merupakan jenis siput air yang sering kita jumpa di daerah perairan air tawar yang berada di kawasan Asia tropis seperti di area pesawahan, parit, sungai atau danau. Banyak orang yang menyebut keong ini dengan nama tutut, siput air, siput sawah dan ada jiga yang menyebutnya dengan keong gondang.

Dilihat dari bentuknya, keong memang terlihat mirip dengan bekicot, hanya saja keong lebih banyak ditemukan di daerah perairan, sedangkan bekicot lebih banyak ditemukan hidup dan juga berkembang biak di daratan. Daging Keong memiliki tekstur yang kenyal dan rasanya sangat lezat, sehingga banyak masyarakat yang mengolah daging keong ini untuk dijadikan sebagai sate atau dimasak dengan bumbu kunyit.

Karakteristik Keong dan Kandungan Gizinya

Dilihat dari ciri fisiknya, keong ini memiliki tinggi pada cangkangnya yang mencapai 40 mm dengan diameter 15-25 mm dan bentuknya mirip dengan kerucut yang berwarna hijau agak kecoklatan, kuning kehijauan dan bahkan ada juga yang berwarna hitam. Di bagian dagingnya memiliki tekstur yang sangat kenyal, di dalamnya mengandung berbagai kandungan gizi dan nutrisi penting seperti vitamin, protein, energi, karbohidrat, fosfor, kalsium dan masih banyak lagi kandungan gizi dan nutrisi penting lainnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Dilihat dari berbagai kandungan gizi yang ada di dalam dagingnya, maka tak heran jika daging keong ini memiliki banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Mau tahu, apa saja manfaatnya? Langsung saja kita simak informasi selengkapnya dibawah berikut ini.

Manfaat Daging Keong Untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat daging keong yang perlu diketahu untuk kesehatan tubuh kita, diantaranya yaitu :

  1. Mengandung Sumber Kalsium Dalam Jumlah Tinggi

Daging keong memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi sebanyak 217 mg, kandungan kalsium tersebut sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh, terlebih untuk kesehatan tulang. Apabila tulang kita mengalami kekurangan asupan kalsium, maka dapat beresiko menyebabkan terjadinya proses pengeroposan tulang, nyeri pada persendian dan juga gangguan kesehatan tulang. Daging keong ini dapat dijadikan sebagai pengganti susu bagi mereka yang memiliki riwayat alergi terhadap susu, sehingga anda tetap bisa mendapatkan asupan kalsium dalam jumlah cukup untuk tubuh dan tulang dengan mengkonsumsi daging keong.

  1. Mengandung Sumber Protein Dalam Jumlah Tinggi

Selain memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi, daging keong juga mengandung sumber protein yang sangat tinggi. kandungan protein umumnya banyak ditemukan di dalam ikan dan daging merah yang harganya sangat mahal. Berbeda dengan daging keong, meskipun harganya murah tetapi jumlah dari kandungan protein yang ada di dalamnya tidak kalah dengan kandungan protein yang terkandung di dalam daging merah seperti daging kambing atau daging sapi.

Kandungan protein hewani yang ada pada tutut atau keong sawah ini sangat baik untuk membantu mendukung tumbuh kembang anak pada masa pertumbuhan, baik untuk tubuh maupun otaknya. Agar anak-anak mau makan daging keong ini, maka daging keong bisa diolah untuk dijadikan sate.

  1. Obat Tradisonal

Selain dapat dimanfaatkan sebagai lauk pauk, ternyata daging keong juga sangat baik untuk dijadikan sebagai obat alami untuk mengobati berbagai jenis penyakit seperti maag, liver, kolesterol tinggi dan masih banyak lagi jenis penyakit lain yang bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi daging keong. Hal ini dikarenakan, di dalam daging keong memiliki kadar lemak yang sangat rendah dan mengandung banyak sekali gizi dan nutrisi penting yang sangat baik untuk tubuh.

  1. Mengatasi Rambut Rontok

Tubuh kita sangat membutuhkan asupan asam lemak omega 3 dalam jumlah cukup, karena tubuh tidak dapat memproduksi asam lemak essensial ini. Maka dari itu, sangat penting untuk mendapatkan asupan asam lemak essensial dengan mengkonsumsi makanan tertentu. Di dalam daging keong mengandung asam lemak omega 3 yang sangat baik untuk membantu mengatasi rambut rontok dan sekaligus membantu mengatur pertumbuhan rambut serta melembabkan rambut. Bagi anda yang memiliki masalah kesehatan rambut, maka sebaiknya anda rutin mengkonsumsi daging keong.

  1. Mendukung Perkembangan Otak

Daging keong juga memiliki kandungan omega 6 yang sangat penting untuk membantu mendukung perkembangan otak. Sama seperti asam lemak omega 3, omega 6 juga tidak diproduksi oleh tubuh sehingga harus didapatkan dari makanan tertentu yang mengandung sumber omega 6. Daging keong ini menjadi salah satu jenis makanan yang memiliki sumber omega 6 sangat tinggi, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak dalam masa pertumbuhan untuk mendukung perkembangan otaknya agar dapat bekerja dengan optimal.

  1. Mengontrol Kadar Kolesterol

Di dalam daging keong tidak hanya memiliki kandungan omega 3 dan 6 saja, tetapi juga mengandung omega 9 yang sangat baik untuk membantu dalam mengendalikan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. berbeda dengan daging kambing ataupun sapi yang mengandung kolesterol tinggi, daging keong justro mengandung kolesterol yang sangat rendah.

  1. Mengobati Wasir

Selain dapat dijadikan sebagai hidangan yang lezat, daging tutut atau keong sawah ini juga bisa dijadikan sebagai obat tradisioal untuk mengobati penyakit wasir atau ambeien. agar rasanya lebih nikmat, anda bisa memasaknya dengan menambahkan campuran rempah-rempah khas Indoensia.

  1. Kaya Akan Kandungan Vitamin

Tidak hanya bermanfaat untuk pengobatan saja, ternyata daging keong ini dapat menutrisi tubuh karena daging keong mengandung vitamin yang lengkap dan bermanfaat untuk tubuh seperti vitamin A, E, Niacin dan juga asam folat. Sebagai mana kita ketahui bahwa vitamin A sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, vitamin E bermanfaat untuk menutrisi kulit dan asam folat sangat baik untuk ibu hamil dan tumbuh kembang janin.

  1. Meregenerasi Sel Dalam Tubuh

Tubuh yang sehat tentu akan memiliki proses regenerasi sel yang baik dan normal, semakin cepat proses regenerasi sel tentu dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat. Sel tubuh yang telah rusak memang harus segera diganti dengan sel yang baru, hanya saja tidak semua kondisi tubuh dapat melakukan proses regenerasi sel dengan baik. Maka dari itu, salah satu cara meningkatkan proses regenerasi sel dalam tubuh agar lebih cepat yaitu dengan mengkonsumsi tutut. Hal ini dikarenakan, di dalam tutut atau keong mengandung sumber nutrisi yang lengkap dan baik untuk tubuh.

  1. Mengobati Diabetes

Bagi anda yang menderita penyakit diabetes, maka disarankan untuk rutin mengkonsumsi daging keong, karena di dalam daging keong mengandung kada gula yang sangat rendah, sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes dan sekaligus dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes.

Peringatan!

Meskipun banyak sekali manfaat yang dapat dirasakan dengan mengkonsumsi daging keong ini, namun anda tetap harus hati-hati dan benar dalam mengolahnya. Hal ini dikarenakan, di dalam daging keong sering menjadi perantara bagi cacing Trematoda yang bisa tertular pada tubuh manusia. Jika dilihat secara kasat mata kita tidak akan bisa membedakan antara jenis keong yang sudah terinfeksi dengan cacing tersebut dan keong mana yang tidak terinfeksi. Maka dari itu, maka sangat disarankan agar anda merebusnya telebih dahulu 2-3 kali sebelum di olah sampai benar-benar bersih.

error: