12 Manfaat Daging Buaya Untuk Kesehatan dan Efek Samping

Manfaat Daging Buaya

Manfaat Daging Buaya

Manfaat Daging Buaya – Buaya merupakan salah jenis binatang buas yang bentuknya mirip dengan biawak, hanya saja buaya ukuran tubuhnya lebih besar dibandingkan dengan biawak. Buaya biasanya banyak ditemukan di daerah rawa, muara dan sungai-sungai, sehingga buaya ini dianggap sebagai pembunuh nomor satu di daerah tersebut.

Manfaat Makan Daging Buaya

Di balik karakter buaya yang terkenal sangat buas dan menakutkan, ternyata menurut informasi yang beredar jika daging buaya ini memiliki rasa yang sangat lezat dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun perlu di ingat bagi anda yang memeluk agama islam, bahwa daging buaya ataupun biawak ini haram untuk dimakan. Namun ada sebagian ulama yang memperbolehkan asalkan dengan alasan sebagai obat jika penyakit yang dideritanya tidak kunjung sembuh setelah mencoba berbagai obat, bukan untuk dikonsumsi sehari-hari.

Oleh karena itu, informasi ini saya tulis hanya sebatas informasi untuk menambah pengetahuan saja. Lalu, apa saja manfaatnya?

Manfaat Daging Buaya Untuk Kesehatan Tubuh

Menurut informasi yang kami dapatkan dari berbagai sumber, bahwa mengkonsumsi daging buaya sangat baik untuk kesehatan, diantaranya yaitu :

  1. Sebagai Obat Penyakit Kulit

Bagi sebagian masyarakat umum daging buaya sering dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengobati berbagai jenis penyakit kulit, karena di dalam daging buaya terkandung zat yang ampuh membunuh bakteri, jamur dan virus yang dapat menyebabkan penyakit kulit. beberapa jenis penyakit kulit yang dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi daging buaya yaitu penyakit eksim.

  1. Meningkatkan Pembentukan Masa Otot

Selain ampuh untuk mengobati penyakit kulit, daging buaya juga bermanfaat untuk meningkatkan pembentukan masa otot tubuh. Hal ini dikarenakan, di dalam daging buaya mengandung protein yang sangat tinggi sehingga mampu meningkatkan pembentuka masa otot dalam tubuh.

  1. Mengatasi Lemah Syahwat

Khusus bagi para kaum pria dewasa, menurut informasi yang beredar bahwa daging buaya dipercaya sangat ampuh untuk mengatasi lemah syahwat. Bagian daging buaya yang sering dijadikan sebagai obat untuk lemah syahwat bagi kaum pria yaitu bagian tangkul atau bagian alat kelamin dari buaya jantan dewasa.

  1. Mengobati Gatal-Gatal

Seperti yang telah kami jelaskan diatas bahwa salah satu manfaat daging buaya ini dipercaya dapat mengobati berbagai jenis penyakit kulit, salah satunya yaitu gatal-gatal yang disebabkan oleh alergi.

  1. Mengobati Penyakit diabetes

Banyak sekali metode pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengobati penyakit diabetes, namun tidak sedikit pasien diabetes yang tidak kunjung sembuh setelah mencoba berbagai cara pengobatan yang ada. Namun dalam dunia pengobatan herbal, banyak orang yang percaya bahwa dengan mengkonsumsi daging buaya dapat menyembuhkan penyakit diabetes. Setelah diteliti, ternyata di dalam daging buaya mengandung suatu jenis zat yang dapat mendukung produksi insulin dalam jumlah cukup, sehingga dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan mencegahnya agar tidak mengalami peningkatan secara signifikan dan diabetes kembali kambuh.

  1. Meningkatkan Stamina Tubuh

Mengkonsumsi daging buaya dipercaya mampu meningkatkan stamina tubuh, sehingga banyak para pekerja berat yang mengkonsumsi daging buaya untuk menjaga tubuhnya agar tetat kuat dan tidak mudah lelah dalam menjalani aktivitas pekerjaan sehari-harinya.

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Agar terhindar dari resiko terkena penyakit jantung dan stroke, banyak orang yang percaya jika dengan megkonsumsi daging buaya dapat membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh, sehingga kesehatan jantung di dalam tubuh tetap sehat dan dapat berfungsi dengan baik dan normal.

  1. Mengobati Penyakit Asma

Manfaat daging buaya juga dipercaya mampu mengobati penyakit sesak napas atau asma, baik asma yang terbilang akut ataupun kronis.

  1. Meningkatkan Nafsu Makan

Mengkonsumsi daging buaya juga dapat membantu meningkatkan nafsu makan, bahkan menurut dari pengakuan masyarakat yang pernah mengkonsumsi sate daging buaya mengalami peningkatan nafsu makan yang signifikan.

  1. Mengobati Penyakit Jantung

Tidak hanya dapat mencegah penyakit jantung, ternyata mengkonsumsi daging buaya dipercaya ampuh untuk mengobati penyakit jantung. Hal ini dikarenakan, di dalam daging buaya mengandung omega 3, omega 6 dan juga kalium yang bermanfaat untuk mengobati penyakit jantung.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jika orang sehat mengkonsumsi daging buaya, maka sistem kekebalan tubuhnya akan semakin baik dan kuat, sehingga tubuh mereka akan lebih tahan terhadap perubahan cuaca dan serangan berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri.

  1. Mengobati Pegal-Pegal

Setelah melakukan aktivitas pekerjaan yang berat, maka tubuh biasanya akan terasa sakit dan pegal-pegal sehingga pada keesokan harinya tubuh tidak mampu bekerja dengan maksimal. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, banyak orang yang sering melakukan rutinitas pekerjaan berat biasanya rutin mengkonsumsi daging buaya. Dengan mengkonsumsi daging buaya rasa capek, lelah, letih, sakit pinggang dan pegal-pegal akan cepat hilang.

Bahaya Mengkonsumsi Daging Buaya

Dari sebuah studi menjelaskan bahwa mengkonsumsi daging buaya atau daging hewan reptil lainnya dapat menimbulkan efek samping yang sangat berbahaya. Menurut hasil penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Food Microbiology menjelaskan bahwa mengkonsumsi daging buaya dapat menimbulkan resiko terserang penyakit yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Bagi orang yang mengkonsumsi daging buaya dapat beresiko terserang beberapa jenis penyakit trichinosis yang disebabkan oleh karena adanya cacing pita pada hewan tersebut, sehingga dapat menyebabkan sakit perut dan bahkan diare. Selain itu, mengkonsumsi daging buaya juga dapat menyebabkan seseorang terkena penyakit gnathostomiasis, pentastomiasis dan sparganosis. Semua jenis penyakit tersebut merupakan jenis penyakit hewan yang dapat menular pada manusia.

Seperti informasi yang dikutip dari ScienceDaily menjelaskan bahwa resiko dari mikrobiologis yang paling jelas berasal dari infeksi jenis bakteri patogen, terutama untuk bakteri salmonella, E.Coli, shigella, Yersinia enterolitica, Campylobacter, Staphylococcus aureus dan Clostridium. Bakteri-bakteri tersebut dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit berbahaya dengan tingkat keparahan yang berbeda-beda pada setiap orang.

Namun para ahli menjelaskan bahwa mengenai resiko atau bahaya mengkonusmsi daging buaya ini masih belum bisa di ambil kesimpulan, karena tidak adanya informasi yang jelas mengenai perbandingan antara mengkonsumsi daging hewan reptil dengan prevalensi patogen yang ada di dalamnya. Selain itu, penelitian yang dilakukan terhadap hewan buas ini masih sedikit yang dipublikasikan antara konsumsi daging buaya dengan berbagai jenis penyakitnya.

Namun untuk menghindari resiko penyebaran jenis penyakit yang disebabkan oleh bakteri patogen, beberapa para ahli menganjurkan agar masyarakat sebaiknya membekukan daging buaya terlebih dahulu selama beberapa jam untuk membunuh parasit yang ada di dalamnya. Selain itu, cara pengolahan dan juga memasaknya pun harus benar-benar matang agar bakteri patogen yang ada di dalamnya bisa mati semua.

Nah, itulah tadi informasi yang dapat kami sampaikan mengenai berbagai manfaat daging buaya untuk kesehatan. semoga informasi yang kami sampaikan diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua.

Terima kasih dan sampai jumpa.

error: