15 Manfaat Daging Biawak Untuk Kesehatan dan Efek Samping

Manfaat Biawak

Manfaat Biawak

Manfaat Biawak – Mengkonsumsi daging biawak memang terdengar tidak lazim bagi banyak kalangan masyarakat di Indonesia khususnya bagi umat muslim, karena banyak masyarakat yang merasa jijik dengan binatang yang satu ini. Selain itu, bagi kaum muslim daging biawak ini haram untuk dikonsumsi, namun menurut pendapat sebagian ulama memperbolehnya jika untuk pengobatan. Maka dari itu, pada postingan kali ini admin tidak menganjurkan kepada para pembaca sekalian yang beragam Islam untuk mengkonsumsi daging biawak. Namun informasi ini kami buat hanya sebatas untuk pengetahuan saja, diluar itu kami kembalikan lagi kepada anda masing-masing.

Manfaat Daging Biawak

Menurut informasi yang kami dapatkan dari beberapa sumber menyebutkan bahwa daging biawak ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan jika dijadikan sebagai obat, namun tetap harus diolah dengan baik dan memperhatikan kehigienisannya, karena notabenenya daging hewan buas ini juga membawa jenis parasit tertentu yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan jika masuk ke dalam tubuh.

Kandungan Minyak yang terdapat pada daging biawak ini dipercaya memiliki khasiat yang ampuh untuk mengobati berbagai jenis penyakit dan gangguan kesehatan dalam tubuh. penasaran apa saja manfaatnya? Mari kita simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

Manfaat Daging Biawak Untuk Kesehatan Tubuh

Menurut informasi yang kami rangkum dari beberapa sumber bahwa ada banyak sekali manfaat daging biawak unutk kesehatan, diantaranya yaitu :

  1. Mengobati Penyakit Asma

Dengan mengkonsumsi daging biawak ini dipercaya memiliki khasiat untuk megobati penyakit asma atau sesak napas, sehingga resiko kambuhnya penyakit asma akan semakin kecil. Seperti yang kita tahu bahwa, penyebab kambuhnya penyakit asma ini sering dipicu oleh karena faktor polusi udara, cuaca dan aneka jenis makanan tertentu. Akibat dari pembengkakan yang terjadi pada saluran tenggorokan dapat menyebabkan penyakit asma kambuh.

  1. Mengobati Gatal Akibat Alergi

Manfaat daging biawak juga dipercaya sangat efektif untuk mengobati gatal-gatal pada kulit akibat alegi, karena di dalam daging biawak ini mengandung kadar minyak yang bermanfaat untuk meredakan rasa gatal pada kulit, terutama pada jenis kulit sensitif. Meski demikian, tetap saja harus diperhatikan dapat proses pengolahannya.

  1. Obat Kulit

Berbagai jenis zat polutan seperti debu sering menjadi pemicu munculnya ruam pada kulit, sehingga membuat kulit tampak kemerahan. Selain itu, penyakit kulit juga sering disebabkan oleh jamur dan juga kuman akibat dari faktor kurangnya menjaga kebersihan lingkungan, sehingga dapat menyebabkan munculnya penyakit kulit seperti kadas, kurap, panu dan juga jamur. Menurut informasi yang kami dapatkan bahwa daging biawak ini bisa dijadikan sebagai obat antibiotik alami untuk mengobati penyakit kulit tersebut.

  1. Menghaluskan Kulit

Manfaat daging biawa untuk kecantkan sendiri dipercaya memiliki khasiat untuk menghaluskan kulit yang kasar, dari informasi yang kami dapatkan bahwa dengan beberapa orang yang pernah mengkonsumsi daging biawak ini mengalami perubahan yang signifikan pada kulitnya menjadi lebih halus dan kencang.

  1. Menghilangkan Jerawat Membandel

Kadar minyak yang terkandung di dalam daging biawak ini juga dipercaya mampu menghilangkan jerawat pada kulit dengan cepat, sedangkan untuk bisa mendapatkan kadar minyaknya tersebut perlu dilakukan pengolahan dengan cara menyangrainya hingga mengeluarkan minyak. Cara menggunakannya, cukup dioleskan pada bagian kulit wajah yang berjerawat dan diamkan selama semalaman, lalu bersihkan pada keesokan harinya.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat daging biawak berikutnya yaitu dipercaya mampu meningkatkan daya tahan tubuh seseorang yang mengkonsumsinya, karena di dalam daging biawak mengandung gizi seimbang dan menyehatkan. Kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat pada daging biawak ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh akan terhindar dari serangan penyakit-penyakit berbahaya.

  1. Mempercepat Proses Regenerasi Sel Dalam Tubuh

Mengkonsumsi daging biawak juga dipercaya sangat baik untuk mempercepat proses dalam melakukan regenerasi sel dalam tubuh serta membantu melancarkan proses metabolisme tubuh. Hal ini dikarenakan, di dalam daging biawak mengandung protein yang lumayan tinggi, sehingga dapat berperan penting dalam membantu peran tersebut.

  1. Mengobati Luka Bakar

Mengkonsumsi daging biawak juga dipercaya dapat membantu mengobati luka bakar, bahkan untuk luka bakar yang sudah parah sekalipun. Selain dengan mengkonsumsinya, minyak daging biawak juga bisa dijadikan sebagai obat luka bakar oles agar luka cepat kering.

  1. Mengobati Eksim

Minyak yang dihasilkan dari daging biawak ini memilikin khasiat yang sangat ampuh untuk mengobati penyakit eksim, karena kandungan zat-zat yang terkandung di dalam daging biawak ini dapat mematikan perkembangan kuman dan bakteri penyebab eksim.

  1. Meningkatkan Vitalitas Pria Dewasa

Mengkonsumsi daging biawak juga dipercaya sangat berkhasiat untuk meningkatkan vitalitas para kaum pria dewasa dan meningkatkan gairan hubungan suami istri.

Itulah beberapa manfaat daging biawak untuk kesehatan yang bisa anda jadikan sebagai pengetahuan agar menambah wawasan, meskipun terlihat menjijikan ternyata ada banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan. meski demikian, anda juga perlu mengetahui efek samping dari mengkonsumsi daging biawak ini, agar anda bisa lebih mempertimbangkannya lagi sebelum mengkonsumsinya.

Efek Samping Makan Daging Biawak

Meskipun diketahui bahwa daging biawak ini memiliki banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh, namun mengkonsumsi daging biawak juga dapat berdampak buruk karena dapat menyebabkan penyakit yang cukup berbahaya. Hal ini dikarenakan, di dalam daging biawak terdapat beberapa jenis penyakit menular yang disebabkan oleh parasit, virus, bakteri dan juga berbagai jenis logam berat atau residu yang telah terkontaminasi sehingga dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Berikut ini beberapa jenis penyakit yang diakibatkan oleh karena mengkonsumsi daging biawak, diantaranya yaitu :

  • Trichinosis

Jenis penyakit ini disebabkan oleh karena adanya parasit jenis cacing gelang yang ada dalam daging biawak, dimana cacing ini akan menginfeksi dan merusak jaringan yang ada dalam tubuh.

  • Pentastomiasis

Penyakit ini dapat disebabkan karena adanya parasit yang disebut dengan Pentastomids yang dapat menyebabkan infeksi pada binatang jenis reptil seperti buaya, ular, kadal dan jenis hewan reptil dan juga Carnivora lainnya.

  • Gnathostomiasis

Penyakit berikutnya yang bisa disebabkan oleh karena mengkonsumsi daging biawak yaitu penyakit Gnathostomiasis. Penyakit ini dapat menyerang tubuh manusia melalui cacing parasit bernama nematoda yang masuk ke dalam tubuh.

  • Sparganosis

Penyakit lainnya yang bisa muncul akibat mengkonsumsi daging biawak yaitu penyakit Sparganosis, penyakit ini awalnya disebabkan oleh karena adanya larva cacing pita spargana yang ada dalam makanan yang sudah terkontaminasi.

  • Infeksi Mycobacterium

Jenis penyakit terakhir yang bisa muncul akibat mengkonsumsi daging biawak yaitu penyakit Infeksi Mycobacteriu, penyakit ini menyerang tubuh manusia karena terinfeksi bakteri seperti malaria dan mycobacterium.

Perhatian :

Meskipun memiliki banyak manfaat yang bisa anda rasakan dengan mengkonsumsi daging biawak, tetapi resiko yang bisa anda alami pun cukup tinggi bagi kesehatan tubuh anda sendiri. Maka dari itu, kami lebih menyarankan anda untuk tidak mengkonsumsi, karena masih banyak obat-obatan herbal yang jauh lebih aman dan halal untuk dikonsumsi.

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan kepada anda semua mengenai beragam manfaat daging biawak untuk kesehatan, semoga dengan adanya informasi ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan teman-teman semua.

Terima kasih dan sampai jumpa.

kata untuk mencari artikel ini:
  • manfaat daging biawak
  • Manfaat daging bi
error: