15 Manfaat dan Kandungan Daging Bekicot Untuk Kesehatan Anda

Manfaat Bekicot

Manfaat Bekicot

Manfaat dan Kangungan Gizi Bekicot – Mendengar kata “Bekicot”, sebagian dari anda mungkin ada yang merasa jijik geli melihat binatang berlendir ini. Bekicot merupakan salah satu jenis binatang yang masih termasuk ke dalam keluarga siput, namun bekicot termasuk ke dalam jenis siput darat yang dikenal dengan nama latin filum mollusca atau jenis binatang yang tidak mempunyai tulang belakang.

Ciri khas dari binatang ini yaitu memiliki sebuah cangkang yang selalu dibawa kemana-mana, karena cangkang tersebut berfungsi sebagai alat pertahanan dan sekaligus sebagai tempat tinggalnya. Bekicot ini sering dianggap sebagai hama parasit, karena bekicot sering menjadi binatang perusak pada tanaman. Meski demikian, di beberapa daerah di Indonesia, ada sebagian kalangan masyarakat yang sering mengolah daging bekicot ini untuk dijadikan sebagai olahan masakan. Bahkan di Eropa, menu daging bekicot ini termasuk jenis makanan mewah dan berkelas karena memiliki rasa yang sangat lezat dan khas.

Mungkin sebagian dari anda ada yang merasa jijik dengan binatang berlendir ini, namun peracya atau tidak ternyata daging bekicot memiliki kandungan gizi yang melimpah dan sangat bermanfaat untuk kesehatan. Bahkan, banyak masyarakat di Indonesia yang percaya jika daging bekicot dapat dijadikan sebagai obat tradisional yang sangat ampuh untuk mengobati berbagai jenis penyakit.

Kandungan Gizi Di Dalam Daging Bekicot

Di dalam daging bekicot terkenal kaya akan kandungan gizi dan nutrisi penting seperti protein, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, asam amino, lemak, vitamin B kompleks dan masih banyak lagi kandungan gizi lainnya. Salah satu sumber nutrisi yang paling tinggi yang terkandung di dalam daging bekicot ini yaitu kaya akan kandungan proteinnya.

Banyaknya kandungan gizi dan nutrisi penting tersebut membuat daging bekicot disukai banyak orang, terutama untuk dijadikan sebagai bahan untuk membuat obat.

Manfaat Bekicot Untuk Kesehatan Tubuh

Selain memiliki rasa yang enak dan lezat, mengkonsumsi daging bekicot juga ternyata memiliki banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Penasaran, apa saja manfaat daging bekicot? Mari kita simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

  1. Mengobati Penyakit Hepatitis Dan Liver

Penyakit hepatitis dan liver adalah jenis penyakit berbahaya yang harus diwaspadai setiap gejalanya. Selain mengkonsumsi obat-obatan sesuai anjuran dokter, kedua penyakit tersebut juga dapat di obati dengan mengkonsumsi daging bekicot sebagai tindakan dalam pengobatan tradisional.

  1. Mengobati Penyakit Asma

Hingga saat ini masih belum ada penelitian secara ilmiah untuk mengetahui kandungan zat yang ada dalam daging bekicot untuk mengobati asma, tetapi banyak orang yang mengaku sembuh dari penyakit asma dengan rutin dan teratur mengkonsumsi daging bekicot.

  1. Mengobati Penyakit TBC

Banyak masyarakat yang takut dengan penyakit ini, karena penyakit ini akan menyerang pernafasan dan sering kali menyerang anak-anak. Selain itu, penyakit ini tidak akan sembuh hanya dengan melakukan satu atau dua kali pengobatan saja. Maka dari itu, disamping menjalani pengobatan medis, pengobatan secara tradisional dengan memanfaatkan daging bekicot ini bisa menjadi solusi alternatif karena dipercaya mempu mempercepat proses penyembuhan penyakit TBC.

  1. Mengobati Kudis Dan Eksim

Terserang penyakit kulit seperti kutu air dan kudis tentu akan sangat mengganggu dan bahkan terasa menyiksa akibat rasa gatal berlebih. Untuk mengobati penyakit ini bisa dengan memanfaatkan daging bekicot secara rutin dan teratur, bahkan banyak orang yang mengku bahwa makan daging bekicot cukup ampuh untuk mengobati penyakit eksim kering maupun basah.

  1. Mengobati Sakit Gigi

Tidak hanya dagingnya saja yang berkhasiat untuk dijadikan sebagai obat tradisional, ternyata lendirnya pun dipercaya dan terbukti ampuh untuk mengobati sakit gigi. Hal ini dikarenakan, lendir dari bekicot ini memiliki sifat antiseptik yang sangat ampuh untuk meredakan sakit gigi dan terhindar dari resiko infeksi bakteri. Caranya yaitu, oleskan gel bekicot pada kapas secukupnya saja, lalu tempelkan pada bagian gigi yang sakit dan gigi. Tahan sekitar 15-20 menit, lalu buang.

  1. Meredakan Peradangan Pada Selaput Mata

Lendir bekicot juga dipercaya ampuh untuk mengatasi peradangan pada selaput mata, caranya cukup dengan mengoleskan lendir bekicot ini pada area yang mengalami peradangan.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Mengkonsumsi daging bekicot juga sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan organ jantung dalam tubuh. selain itu, daging bekicot juga sangat bermanfaat untuk mencegah resiko terkena penyakit jantug dan menormalkan ritme dari detak jantung.

  1. Mendukung Pembentukan Dan Perkembangan Otot

Hampir sama dengan daging hewan pada umumnya, ternyata daging bekicot juga bermanfaat untuk mendukung pembentukan dan perkembangan otot dan meregenerasi sel-sel otot dalam tubuh.

  1. Mencegah Epilepsi

Bagi anda atau anak anda yang menderita penyakit epilepsi atau kejang-kejang, maka dengan rutin mengkonsumsi daging bekicot dapat mencegah epilepsi kembali kambuh.

  1. Mengatasi Insomnia

Jika anda sering mengalami masalah susah tidur di malam hari atau positif terdeteksi menderita gangguan insomnia, maka salah satu cara alternatif yang bisa dilakukan untuk mengatasinya yaitu dengan makan dagig bekicot secara rutin dan teratur sampai insomnia yang diderita sembuh.

  1. Mencegah Penyaki Osteoporosis

Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahkan di dalam daging bekicot mengandung mineral penting yang sangat baik untuk tulang seperti kalsium dan fosfor. Kedua kandungan mineral ini dipercaya sangat ampuh untuk mengobati penyakit osteoporosis atau perngeroposan tulang.

  1. Megatasi Keputihan

Selain mengobati sakit gigi, lendir yang terdapar pada bekicot juga dipecaya mampu mengatasi masalah keputihan pada kaum wanita. Hal ini dikarenakan, kandungan zat yang ada dalam daging bekicot ini memiliki sifat antiseptik, antikuman dan juga antibakteri. Sehingga sangat baik digunakan untuk mengatasi masalah keputihan pada kaum wanita, sekaligus membasmi bakteri yang menjadi penyebab utamanya.

  1. Menambah Sel Darah Merah

Manfaat daging bekicot juga terbukti efektif untuk membantu mengobati penyakir darah rendah, karena di dalam daging bekicot mengandung zat besi yang sangat baik untuk membantu proses penambahan sel darah merah dalam tubuh. Maka, bagi anda yang menderita penyakit anemia dengan gejala seperti tubuh seirng lemas, letih dan lesu dan pusing. Dengan mengkonsumsi daging bekicot ini dapat membantu mencegah dan mengobati penyakit anemi atau kekurangan sel darah merah.

  1. Mencegah Kanker

Selain dapat mengatasi masalah anemia, mengkonsumsi daging bekicot juga sangat baik untuk membantu mencegah pembentukan dan perkembangan sel kanker di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan, di dalam daging bekicot mengandung zat kimia yang sangat ampuh melawan sel kanker dan menghentikan perkembangannya di dalam tubuh.

  1. Menambah Berat Badan

Mengkonsumsi bekicot juga dapat membantu menambah berat badan, sehingga bagi anda yang ingin memiliki berat badan ideal, sebaiknya rutin mengkonsumsi daging bekicot ini. Hal ini dikarenakan, di dalam daging bekicot mengandung protein dan lemak yang cukup untuk tubuh.

Perhatian :

Sebaiknya bersihkan terlebih dahulu daging bekicot sebelum dimasak dan rebus beberapa kali agar zat-zat racun yang ada di dalamnya keluar. Namun jika anda akan memanfaatkan bekicot ini untuk dijadikan sebagai obat oles, maka sebaiknya ambil lendir atau cairan yang ada pada ujung cangkangnya dengan cara mematahkan ujung cangkangnya menggunakan tang.

Itulah beberapa manfaat bekicot untuk kesehatan yang dapat kami sampaikan, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan sampai jumpa.

kata untuk mencari artikel ini:
  • manfaat bekicot
error: