12 Manfaat Buah Nanas Untuk Tubuh Anda

Manfaat Buah Nanas

Manfaat Buah Nanas

Sehat-natural.com – Nanas merupakan salah satu jenis tanaman yang asli dari negara Brazil, namun saat ini keberadaan tanaman nanas ini sudah menyebar keberbagai penjuru dunia. Di Indonesia sendiri, tanaman nanas ini banyak kita temukan di kawasan perkebunan untuk dibudidayakan dan di ambil hasil buahnya. Subang adalah salah satu daerah penghasil buah nanas terbesar di Indonesia.

Buah nanas sendiri jika sudah matang memiliki rasa manis keasaman, daging buahnya sendiri bisa dimakan langsung atau bisa juga olah untuk dijadikan seperti sirup, keripik, jus, selai dan anema olahan buah nanas lainnya. Selain memiliki rasa yang sangat nikmat, buah nanas juga ternyata memiliki banyak sekali manfaatnya jika dikonsumsi secara rutin. Hal ini dikarenakan, di dalam buah nanas mengandung banyak sekali kandungan nutrisi yang sangat baik dan penting untuk tubuh.

Kandungan Nutrisi Dan Gizi Di Dalam Buah Nanas

Di dalam buah nanas memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi, bahkan di setiap 200 gram buah nanas mengandung vitamin C sebanyak 47,8 gram. Selain itu, kandungan nutrisi lain yang dimiliki buah nanas yaitu mengandung vitamin B, serat, mangan, kalsium dan masih banyak lagi kandungan nutrisi penting lainnya. Bahkan buah nanas sendiri termasuk ke dalam jenis buah yang memiliki sumber bromelain yang disebut dengan proteolitik, kandungan enzim ini yang sering digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit.

Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan

Inilah beberapa manfaat buah nanas untuk kesehatan yang perlu anda ketahui jika rutin mengkonsumsinya, diantaranya yaitu :

  1. Melancarkan Pencernaan

Seperti yang telah kami sebutkan diatas, bahwa buah nanas mengandung serat. Kandungan serat inilah yang sangat baik dan dapat membantu melancarkan sistem pencernaan, sehingga jika rutin mengkonsumsinya berbagai gangguan pencernaan seperti sembelit, susah buang air besar dan masalah kesehatan pencernaan lainnya pun bisa terhidarkan.

  1. Mempercepat Masa Penyembuhan

Di dalam buah nanas sangat kaya akan kandungan enzim bromelain yang sangat baik untuk membantu mempercepat proses penyembuhan setelah bangun dari sakit. Selain itu, buah nanas juga sangat baik dikonsumsi oleh pasien yang akan atau setelah menjalani operasi.

  1. Sebagai Pembersih

Kandungan enzim bromelain yang terkandung dalam buah nanas sangat baik untuk membantu membersihkan tubuh dan menyeimbangkan kadar asam dalam darah. Buah nanas dapat menaikan kadar basa darah dan sekaligus membantu mengobati penyakit endema dengan jalan mengurangi kadar air berlebih dalam tubuh.

Selain itu, kandungan zat asprtic acid dalam buah nanas juga cukup tinggi, kandungan asam aspartic ini dapat berfungsi sebagai kadar asam amino dalam tubuh yang berfungsi untuk membantu dalam proses metabolisme tubuh. Tidak hanya itu saja, zat asam tersebut juga sangat efektif untuk membantu membuang kadar asam ammonia dalam tubuh, karena asam ammonia ini bersifat sebagai racun yang sangat berbahaya jika terus mengendap dalam tubuh.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam buah nanas ini terkenal cukup tinggi dan bahkan mampu memenuhi sebagian besar kebutuhan harian tubuh. Kandungan vitamin C ini sangat baik diserap oleh tubuh untuk menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh tidak akan mudah sakit atau terserang penyakit seperti batuk, pilek dan flu yang disebabkan oleh infeksi virus seperti virus influenza. Selain itu, di dalam buah nanas juga mengandung asam amino esensial dan asam amino non esensial. Kandungan zat tersebut juga berfungsi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, maka dengan mengkonsumsi buah nanas mampu menghilangkan rasa lelah setelah beraktivitas dan juga mengembalikan stamina serta energi tubuh agar kembali fit.

  1. Sumber Antioksidan

Kandungan vitamin A dan vitamin C yang terkandung di dalam buah nanas juga dapat berperan aktif sebagai senyawa antioksidan, fungsinya yaitu terbukti sangat efektif untuk menangkal serangan radikal bebas dan sekaligus menghentikan reaksinya untuk menimbulkan bibit-bibit penyakit dalam tubuh.

  1. Mencegah Stres

Menurut hasil sebuah penelitian menunjukan bahwa di dalam buah nanas ternyata ersimpan zat serotonin dalam jumlah 1,7 mg hingga 3,15 mg dalam setiap 100 gram buah nanas. Kandungan zat serotonin ini tidak hanya berperan aktif sebagai zat anti kanker, tetapi juga untuk membantu mengendalikan tingkat stres. Maka dengan rutin mengkonsumsi buah nanas sebanyak 200 gram setiap harinya, maka anda akan mampu untuk mengendalikan stres dan tubuh akan menjadi lebih sehat.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang saat ini sedang berencana ingin menurunkan berat badan dengan menjalani pola diet sehat, maka jangan lupa untuk menambahkan buah nanas dalam menu asupan harian anda. Hal ini dikarenakan, buah nanas ini memiliki kandungan serar, vitamin C dan juga kandungan nutrisi penting lainnya yang dapat membantu memenuhi kebutuhan asupan nutrisi tubuh selama menjalani program diet. Dengan mengkonsumsi buah nanas dalam jumlah cukup setiap harinya dan di imbangi dengan pola makan sehat serta olahraga rutin dan teratur, maka keberhasilan dalam program diet yang anda jalani akan optimal.

  1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Buah nanas juga ternyata memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk mereka yang sedang menderita penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi). Hal ini dikarenakan, di dalam buah nanas mengandung kalium dan sedikit kandungan natrium. Kombinasi dari kedua kandungan tersebut terbukti efektif untuk membantu mencegah dan sekaligus menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat dan aman.

Efek Samping Mengkonsumsi Buah Nanas

Meskipun kaya akan kandungan nutrisi dan manfaat, ternyata mengkonsumsi buah nanas juga bisa berdampak buruk pada kondisi tertentu, seperti :

  1. Menyebabkan Kerusakan Terhadap Kandungan

Buah nanas muda dapat bersifat sebagai abortivum atau atau obat yang dapat menyebabkan kerusakan terhadap kandungan. Maka dari itu, mengkonsumsi buah nanas sering dijadikan sebagai salah satu bahan alami untuk membantu melancarkan siklus haid. Bagi wanita hamil sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi buah nanas muda, karena dapat menyebabkan keguguran.

  1. Menyebabkan Rematik

Pada saat mengkonsumsi buah nanas, maka buah nanas tersebut akan berfermentasi dan berubah menjadi alkohol dan kondisi seperti ini dapat memicu seseorang mengalami rematik. Bagi anda yang menderita rematik dan juga peradangan pada sendi, maka sebaiknya hindari mengkonsumsi buah nanas.

  1. Menyebabkan Peningkatan Gula Darah

Di dalam buah nanas mengandung kadar gula yang sangat tinggi, sehingga buah nanas ini jika dikonsumsi secara berlebihan dapat berpotensi menyebabkan seseorang terserang penyakit diabetes akibat terjadi peningkatan kadar gula dalam darah. Maka dari itu, bagi penderita penyakit diabetes sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi buah nanas.

Itulah tadi pembahasan yang dapat kami sampaikan kepada para pembaca semua mengenai manfaat buah nanas untuk kesehatan, semoga dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda semua dan sampai jumpa.

error: