10 Manfaat Buah Makasar Untuk Kesehatan Anda

buah Makasar

Buah Makasar

Sehat-natural.com – Dalam bahasa latinnya, buah makasar ini dikenal dengan nama Brucea Javanica. Tumbuhan buah makasar ini banyak tumbuh secara liar di dalam hutan dan memiliki rasa yang sangat pahit serta memiliki kandungan racun. Di Indonesia, buah makasar ini memiliki beberapa nama sebutan yang berbeda-beda di tiap-tiap daerah. Seperti di Lampung buah ini dikenal dengan nama ‘berul’, kemudian di Medan buah ini di kenal dengan sebutan ‘malur’ dan orang jawa buah ini dikenal dengan sebutan ‘bom makasar’, orang sunda menyebut buah ini dengan menyebutnya buah walot dan orang makasar sendiri menyebut buah ini dengan sebutan tambara merica.

Meskipun memiliki rasa yang sangat pahit, namun buah ini memiliki banyak sekali manfaatnya, karena di dalam buah ini memiliki banyak kandungan zat yang dipercaya sangat ampuh untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Untuk mengetahui kandungan apa saja yang terdapat di dalam buah makasar, anda bisa simak informasiya dibawah berikut ini.

Kandungan zat yang terdapat di dalam buah Makasar

Berikut ini beberapa kandungan yang ditemukan di dalam daun, buah dan juga biji makasar, diantaranya yaitu mengandung asam oleat, asam linoleat, asam stearat, asam palmitoleat dan juga mengandung minyak lemak. Selain di dalam buahnya, daun buah makasar juga memiliki beberapa kandungan kimia lain seperti tanin, alkaloid (Yatanine dan Brucamarine), phenol (Bruceolic acid dan Bruceno). Sedangkan pada bagian bijinya terdapat beberapa kandungan seperti brusatol, bruceine A,B,C,E,F,G,H.

Manfaat Buah Makasar Untuk Kesehatan

Dilihat dari berbagai kandungannya, daun, buah dan juga biji dari buah makasar ini memiliki banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh. apa saja manfaatnya? Simak informasi selengkapnya dibawah berikut ini.

  1. Mengobati Kanker Serviks

Buah makasar ini sangat dipercaya mampu mengobati berbagai jenis kanker, termasuk kanker serviks. Penyakit kanker serviks sangat berbahaya dan dapat menjadi penyebab kematian. Salah satu kandungan zat yang terkandung di dalam buah makasar ini memiliki kemampuan unuk menghentika perkebangan sel kanker tersebut.

  1. Mencegah Dan Mengobati Kanker Rahim

Tidak hanya kanker serviks yang dapat diatasi dengan buah makasar, kandungan senyawa antioksidan dalam biji buah ini juga sangat ampuh menghentikan perkembangan sel kanker di dalam rahim.

Cara mengobatinya yaitu :

  • Siapkan 10 biji buah makasar, lalu cuci sampai bersih.
  • Setelah itu, rebus dengan menggunakan 2 gelas air bersih sampai mendidih dan hanya tersisa 1 gelas saja.
  • Saring dan minum air rebusan biji buah makasar tersebu selagi hangat 2-3 kali sehari sampai kanker benar-benar hilang dan sembuh.
  1. Mengobati kanker kulit

Selain ampuh untuk mengobati penyakit kanker serviks, ternyata buah makasar juga dapat dijadikan sebagai obat yang sangat ampuh untuk mengobati kanker kulit. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa, kandungan zat yang ada dalam buah makasar ini sangat ampuh melawan dan menghambat perkembangan sel kanker di dalam kulit.

  1. Mengobati Penyakit Malaria

Kandungan kimia yang ditemukan di dalam buah makasar dapat berfungsi untuk menetralisir dan membasmin virus yang menjadi penyebab utama penyakit malaria. Dengan rutin mengkonsumsi buah makasar secara rutin dan teratur dipercaya mampu mengobati penyakit malaria secara maksimal, disamping itu anda tetap harus menerapkan pola hidup sehat dan bersih.

Bagian dari tanaman buah makasar ini untuk mengobati penyakit malaria yaitu bagian akar tanamannya, caranya yaitu :

  • Siapkan 20-25 gram akar tanaman buah makasar.
  • Cuci akar tanaman buah makasar ini dengan air bersih.
  • Rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih.
  • Minum air rebusan akar makasar secara rutin 2 kali sehari sebanyak 1 gelas sekali minum.
  1. Mengobati Mata Ikan

Meskipun penyakit mata ikan ini bukan termasuk ke dalam golongan jenis penyakit yang mematikan, namun rasa sakit yang dirasakan tentunya akan sangat mengganggu sekali bagi penderitanya. Untuk mengatasiya, anda bisa menggunakan buah makasar yang telah dihaluskan dengan cara menempelkannya pada bagian kulit yang terkena mata ikan. Kandungan yang terdapat pada buah makasar ini dapat berperan sebagai antiseptik alami yang ampuh membunuh kuman dan bakteri penyebab munculnya mata ikan.

  1. Mengobati wasir

Manfaat lain dari buah makasar ini yaitu dipercaya efektif untuk mengobati wasir. Cara pengobatannya sangat mudah, anda hanya perlu menghaluskan buah makasar menggunakan blender, lalu masukan ke dalam kapsul dan minumlah secara rutin 2-3 kali sehari. Dalam beberapa hari, maka penyakit wasir akan segera sembuh.

  1. Mengobati keputihan akibat trichomonas

Untuk mengobat masalah keputihan yang sering dialami oleh banyak kaum wanita yaitu disebabkan oleh trichomonas. Jika anda saat ini sedang mengalaminya, maka jangan khawatir karena masalah keputihan ini bisa diatasi dengan mudah menggunakan buah makasar.

Caranya yaitu :

  • Siapkan 20 biji buah makasar dan cuci sampai bersih, lalu rebus dengan 400 cc air bersih sampai mendidih.
  • Biarkan air mendidih hingga airnya tersisa kira-kiran 100 cc.
  • Angka, saring dan dinginkan.
  • Gunakan air rebusan biji buah makasar tersebu untuk disemprotkan pada daerah kewanitaan anda.
  • Anda cukup menyemprotkannya sebanyak 10 – 20 cc saja minimal 2 kali sehari.
  1. Menghilangkan Kutil

Kutil bukanlah termasuk ke dalam salah satu jenis penyakit yang sangat berbahaya dan tidak mematikan, namun keberadaannya akan sangat mengganggu dan harus segera diatasi. Untuk mengatasinya, anda bisa memanfaatkan buah makasar, karena di dalam buah makasar ini mengandung zat antiseptik yang aman dan efektif untuk membunuh kuman dan bakteri yang menjadi penyebab dari munculnya kutil tersebut.

  1. Meredakan Sakit Pinggang

Bagi ada yang sering bekerja berat dan sering menderita rasa sakit di sekitar pinggang, maka untuk meredakan rasa sakit tersebut anda bisa mengkonsumsi buah makasar secara rutin dan teratur sampai rasa sakit hilang. Jika anda tidak suka mengkonsumsi buah ini secara langsung, maka anda bisa merebusnya dan meminum air rebusannnya 2 kali sehari.

  1. Menyembuhkan Penyakit Disentri

Disentri adalah jenis penyaki yang berbahaya jika tidak segera diatasi, karena dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi dan terjadi gangguan yang lebih serius pada pencernaan. Kandungan yang terdapat pada buah makasar ini sangat efektif untuk membasmi bakteri penyebab disentri, sehingga untuk menyembuhkannya anda bisa minun air rebusan dari buah atau biji buah makasar secara rutin dan teratur 2 kali sehari sampai disentri sembuh total.

Disamping itu, anda tetap harus mendapatkan cairan yang cukup, jika perlu minum oralit untuk mencegah tubuh mengalami dehidrasi.

Efek Samping Buah Makasar

Meski terkenal sangat berkhasiat untuk dijadikan sebagai bahan untuk membuat obat herbal dalam mengobati berbagai jenis penyakit, ternyata anda juga harus hati-hati jangan mengkonsumsi buah ini secara berlebihan karena dapat berbalik menjadi racun bagi tubuh anda.

Berikut ini beberapa gejala efek samping yang bisa terjadi jika buah atau biji buah makasar dikonsumsi dalam jumlah yang terlalu berlebihan, diantaranya yaitu :

  • Mengalami gangguan pada saluran pernapasan
  • Mual-mual dan muntah
  • Pusing dan bahkan sakit kepala
  • Diare
  • Koma

Jika anda mengalami gejala-gejala tersebut setelah mengkonumsi atau minum ramuan buah makasar, maka segera kunjungi dokter untuk segera mendapatkan penanganan medis.

Demikianlah 10 manfaat buah makasar untuk kesehatan. semoga artikel kesehatan ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi pada pembaca semua.

kata untuk mencari artikel ini:
  • buah makasar untuk mengobati penyakit apa?
  • kandungan buah makasar
  • komposisi kapsul buah makasar
error: