12 Manfaat dan Kandungan Belut Bagi Kesehatan

Manfaat Belut

Manfaat Belut

Manfaat Belut – Apakah anda suka makan daging belut? Daging belut sangat terkenal akan rasanya yang sangat enak dan gurih, sehingga banyak kalangan masyarakat khususnya di Indonesia yang suka mengkonsumsi daging belut. Di balik rasanya yang enak dan gurih, ternyata mengkonsumsi daging belut juga memiliki banyak sekali manfaat dan khasiatnya bagi kesehatan tubuh. Sebab, di dalam daging belut sangat kaya akan kandungan gizi dan nutrisi yang sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Daging belut ini dapat dijadikan berbagai olahan masakan dan bahkan cemilan yang renyah dan gurih, maka bagi anda yang suka mengkonsumsinya tidak akan merasa bosan dengan olahan daging belut yang itu-itu saja. Untuk melihat lebih lanjut mengenai beberapa manfaat lain yuk simak kebawah.

Kandungan Gizi Dan Nutrisi Di Dalam Daging Belut

Sungguh beruntung bagi anda yang suka mengkonsumsi daging belut, karena di dalam setiap 100 gram daging belut mengandung banyak sekali gizi dan nutrisi penting seperti protein sekitar 14 gram, lemak sekitar 27 gram, kalsium sekitar 20 mg, fosfor sekitar 200 mg dan zat besi sekitar 20 mg. Selain itu, di dalam daging belut juga mengandung nutrisi penting lainnya seperti vitamin A, B, C, Omega 3, Omega 6, Asam Folat, Selenium, magnesium dan juga kalori yang berjumlah sekitar 303 kal/100 gram.

Semua kandungan gizi dan nutrisi penting yang ada dalam daging belut tersebut sangat baik untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan tubuh kita. Masih banyak lagi manfaat daging belut lainnya yang bisa kita dapatkan dengan rutin dan teratur mengkonsumsinya, tetapi pastikan jumlahnya tidak berlebihan.

Manfaat Daging Belut Untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat mengkonsumsi daging belut bagi kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

  1. Membantu Mengoptimalkan Pertumbuhan dan Memperkuat Tulang

Daging belut tidak hanya boleh dikonsumsi oleh orang dewasa saja, tetapi juga sangat baik untuk dikonsumsi oleh balita dan juga anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan karena di yakini sangat baik untuk membantu mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan memperkuat tulang. Selain itu, kandungan kalsium juga sangat baik untuk membantu mencegah penyakit osteoporosis atau lebih dikenal dengan istlah proses pengeroposan tulang. Bahkan banyak para ahli yang menyebutkan bahwa, manfaat daging belut tidak kalah dengan jenis makanan dan minuman lain seperti udang, ikan bandeng, susu, yoghurt dan masih banyak lagi yang lainnya.

  1. Mencegah Penyakit Anemia

Tidak hanya mengandung kalsium yang cukup tinggi, ternyata di dalam daging belut juga mengandung zat besi yang cukup tinggi dan mampu membantu mencukupi kebutuhan asupan zat besi harian tubuh kita. Seperti apa yang telah kita semua ketahui bahwa zat besi ini memiliki peran yang sangat penting dalam menyusun senyawa kompleks hemoglobin, sehingga dengan mengkonsumsi daging belut secara rutin aktivitas dalam pembentukan sel darah merah dalam tubuh bisa terus terjadi. Dengan demikian, utamanya bagi para kaum wanita sangat penting untuk mendapatkan asupan zat besi dalam jumlah cukup, karena wanita sering mengalami kehilangan banyak darah akibat menstruasi pada setiap bulannya.

  1. Sumber Energi

Di dalam daging belut juga mengandung sumber kalori yang cukup tinggi, kaloru ini akan diolah menjadi sumber energi yang dapat membantu memenuhi kebutuhan sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam mendukung aktivitas harian. Itulah kenapa daging belut ini akan lebih baik jika dijadikan sebagai lauk pauk untuk pendamping nasi, karena nasi juga notabene sebagai sumber energi tubuh terbaik.

  1. Baik Untuk Memelihara Kesehatan Mata

Daging belut juga terkenal memiliki kandungan vitamin A yang sangat bermanfaat untuk membantu memelihara kesehatan mata, sehingga dengan rutin mengkonsumsinya dapat membantu mencegah berbagai masalah kesehatan kita. kandungan vitamin A yang terkandung di dalam daging belut berbeda dengan vitamin A yang ada pada tumbuha, karena sumber vitamin A yang terdapat pada tumbuhan masih berupa betakaroten yang perlu dilakukan pengolahan lebih lanjut.

  1. Mengoptimalkan Fungsi Jaringan Saraf

Kandungan omega 3 yang terkandung di dalam daging belut sangat bermanfaat untuk membantu mengoptimalkan fungsi dari jaringan saraf, sehingga sangat baik untuk membantu meningkatkan perkembangan otak anak.

  1. Meningkatkan Proses Pembentukan Protein

Manfaat daging belut lainnya yang penting untuk diketahui yaitu dapat membantu meningkatkan pembentukan protein dalam tubuh, sehingga dapat membantu memperbaiki sel-sel dalam tubuh dengan cepat.

  1. Menstabilkan Tekanan Darah

Meskipun belum ada penelitian secara ilmiah, namun dari pengalaman beberapa orang yang pernah menderita penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi bahwa tekanan darah menjadi lebih stabil dan normal setelah rutin mengkonsumsi daging belut.

  1. Mendukung Sistem Reproduksi

Ada kabar gembira bagi para kaum pria dan wanita yang sudah berkeluarga dan ingin segera memiliki anak, karena ternyata dengan rutin mengkonsumsi daging belut dipercaya mampu meningkatkan sistem reproduksi dan meningkatkan kesuburan, sehingga kesempatan untuk bisa segera hamil bagi kaum wanita akan semakin besar.

  1. Mencegah Serangan Stroke

Sudah sejak lama diketahui bahwa, dengan rutin mengkonsumsi daging belut dapat membantu melancarkan peredaran darah pada pembuluh darah. Sehingga, organ jantung akan menjadi lebih sehat dan resiko terkena serangan stroke pun dapat terhindarkan.

  1. Mencegah Kanker Payudara

Di dalam daging belut juga mengandung senyawa arginin yang sangat bermanfaat untuk membantu menghambat proses pertumbuhan dan perkembangan sel kanker pada payudara, sehingga jika anda khususnya kaum hawa yang ingin terhindar dari resiko penyakit kanker payudara untuk rutin mengkonsumsi daging belut.

  1. Mengaktifkan Hormon Dalam Tubuh

Kandunga gizi dan nutrisi yang ada dalam daging belut sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu mengaktifkan berbagai jenis hormon dalam tubuh, sehingga sistem metabolisme dalam tubuh dapat berjalan dengan baik dan lancar.

  1. Mencegah Penyempitan Pembuluh Darah

Senyawa atau zat antioksidan dan kandungan mineral penting dalam daging belut memiliki kemampuan untuk menjaga agar kadar kolesterol dalam darah tetap seimbang, terlebih kemampuan dalam menekan jumlah dari kadar kolesterol jahat yang merugikan. Karena jika kadar kolesterol jahat berlebih dalam tubuh dapat menjadi penyebab utama dari penyakit jantung.

Efek Samping Mengkonsumsi Daging Belut Berlebih

Meskipun ada banyak sekali manfaat daging belut untuk kesehatan tubuh kita, namun tetap saja jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Bahkan bagi anda yang mengidap penyakit kolesterol tinggi sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi daging belut, karena di dalam daging belut mengandung kadar lemak yang cukup tinggi yang justru akan memperburuk kondisi kesehatan anda.

Nah, itulah penjelasan singkat yang dapat kami informasikan kepada anda semua mengenai beragam manfaat daging belut untuk kesehatan tubuh. semoga apa yang telah kami sampaikan pada artikel kesehatan diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua untuk senantiasan menjaga kesehatan.

Terima kasih dan sampai jumpa.

error: