Manfaat Air Kencing Unta Untuk Kesehatan dan Kanker

Manfaat Air Kencing Unta

Manfaat Air Kencing Unta

Manfaat Air Kencing Unta – Pernahkah anda membayangkan, bagaimana rasanya minum air urin unta? Mungkin sebagian besar orang Indonesia akan merasa jijik, bahkan tidak mampu membayangkan bagaimana rasanya. Nah, bagi anda yang penasaran ingin tahu bagaimana rasanya minum air urin unta?

Beberapa waktu lalu sosial media di hebohkan dengan sebuah video yang telah diunggah oleh ketua GNPF MUI (Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia yakni Bachtiar Nasir.

Manfaat dan Kandungan Kencing Unta

Pada saat beliau sedang berada di Arab Saudi, tepatnya berada di kawasan peternakan unta di daerah Hudaibiyah Mekkah, Arab Saudi, ia membuat rekaman video sedang meminum urin dari seekor unta yang di campur dengan susu unta. Video tersebut pun di unggah ke akun Instagram pribadinya.

Menanggapi video tersebut, Direktur Hala Centre Fakultas Peternakan UGM Yogyakarta yakni Nanung Danar Dono meyakini jika minum air urin unta tidak akan menimbulkan dampak yang berbahaya bagi kesehatan. menurut penuturannya, rasa dari urin unta tidak seperti apa yang dibayangkan banyak orang, karena urin unta berbeda dengan urin hewan lain seperti kerbau, sapi atau bahkan manusia.

Menurutnya, ada banyak sekali khasiat yang bisa dirasakan oleh seseorang yang meminum urin unta. Salah satunya yaitu dipercaya dapat bermanfaat untuk mengobati berbagai jenis penyakit mematikan, seperti penyakit kanker. Ia pun menyebutkan bahwa urin unta tidaklah beracun, sehingga ketika di minum oleh manusia tidak akan menyebabkan seseorang meninggal dunia. Di dalam urin unta mengandung zat antikanker, jadi di dalam urin unta terdapat sel yang memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan dan perkembangan sel kaner di dalam tubuh manusia. Ucapnya.

Ia pun menjelaskan bahwa, menurut penelitian yang dilakukan oleh Journal of Biological Chemistry Bernard Read dijelaskan bahwa di dalam urin unta tidak mengandung zat amonea ataupun urea, dimana kandungan garam mineral di dalam urin unta 10 kali dari urin manusia dengan kadar pH mencapai lebih dari 7,8. Selain itu, di dalam urin unta juga mengandung zat antikanker dan zat antibiotik alami yang sangat baik untuk tubuh.

Kemudian, ia pun mengungkapkan bahwa di dalam urin unta memiliki efek antibiotik, di dalam tubuh manusia sendiri terdapat beberapa penyebab bakteri yang mampu mematikan senyawa yang terdapat pada urin unta. Kadar racun yang ada di dalamnya akan berkurang, sehingga dapat mencegah diare, penyakit tipes dan masih banyak lagi jenis penyakit berbahaya lainnya yang dapat disembuhkan dengan meminum urin unta. Urin unta ini bisa di minum oleh semua usia, sedangkan untuk dosisnya tidak tahu persis, ungkapnya.

Seperti yang kita semua katahui bahwa, persoalan ini tengah menjadi sebuah berita yang hangat diperbincangkan di Indonesia, karena dalam video tersebut Ustaz Bachtiar Nasir sedang meminum urin unta yang di ambil di sebuah peternakan bernama di Hudaibiyah Camel Farm yang berlokasi di Mekah, Arab Saudi. Di dalam video tersebut, Ustaz Bachtiar menjelaskan bahwa di dalam botol yang berisi air kencing unta tersebut memiliki kandungan obat. Sebelum Ustaz Bachtiar meminum air kencing unta tersebut, ia mencapurnya terlebih dulu dengan susu unta.

Ustaz Bachtiar pun mengatakan bahwa dengan manfaat air kecing unta itu sangat banyak sekali, salah satunya dipercaya sangat ampuh untuk mencegah dan mengobati penyakit kanker serta berbagai jenis penyakit pada pencernaan. Untuk rasanya, ada sedikit pahit. Ungkapnya.

Hasil Penelitian Terhadap Air Kencing Unta

Menurut informasi yang kami kutip dari CNN, menjelaskan bahwa manfaat air kencing unta menurut informasi yang telah dipaparkan oleh Ustaz Bachtiar, tentunya merujuk dari hasil sebuah riset yang telah dilakukan oleh Dr. Faten Abdel-Rahman Khorshid, yang merupakan salah seorang staf dari King Abdulaziz University yang berada di Arab Saudi. Dr. Khorsid pun menjelaskan bahwa di dalam air kencing unta mengandung berbagai zat yang sangat efektif untuk mengobati penyakit kanker.

Terkait dari hasil riset tersebut, Michael Jewett, profesor urologi dan sekaligus dokter spesialis kanker kandung kemih di sebuah Universitas bernama University of Toronta, Kanada, menyebutkan bahwa ia merasa terkesan dengan hal tersebut. Meski demikian, menurut informasi yang dilansir dari SciDev, Jewett menjelaskan bahwa untuk mendapatkan bukti secara ilmiah harus dilakukan penelitian lebih lanjut.

Selain itu, dalam hasil penelitian yang telah dilakukan oleh Nujoud Al-Yousef dan tim yang diberi judul “Camel Urine Components Display Anti-Cancer Properties In Vitro” yang telah dilakukan pada tahun 2012, menjelaskan bahwa di dalam urin unta menunjukan suatu sitotoksisitas, sitotoksoik sendiri termasuk ke dalam salah satu jenis senyawa yang bersifat racun yang mampu menghambat dan juga menghentikan aktivitas pertumbuhan dan perkembangan sel kanker di dalam tubuh.

Hanya saja, dalam hasil dari penelitian tersebut masih bersifat in vitro. Itu artinya, tes yang telah dilakukan masih berada di lingkungan yang masih terkendali yang berada di luar organisme hodup seperti di dalam laboratorium. Tes yang dilakukan tersebut berbeda dengan hasil penelitian dari in vivo yang menggunakan organisme hidup. Kelemahan dari penelitian yang dilakukan in vitro yaitu kesulitan dalam menduplikasikan kondisi selular dari suatu organisme secara persis.

Tidak hanya itu saja, dari hasil penelitian pun masih berusaha untuk menemukan suatu molekul aktif yang ditemukan dalam air kencing unta yang bersifat sitotoksik. Bahkan pada tahun 2015 silam, pernah dilakukan penelitian terhadap air kencing unta ini untuk dikaitkan dengan penyebaran dari virus yang menjadi penyebab penyakit MERS. Pada saat terjadi wabah penyakit MERS terjadi di Arab Saudi pada tahun 2012 silam, unta dianggap sebagai hewan yang menjadi penyebab utama dari penyebaran penyakit ini.

Bahkan menurut penuturan dari WHO sebuah Organisasi Kesehatan Dunia, virus ini ditularkan dari unta dromedari kepada manusia. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk menghindari kontak langsung dengan hewan tersebut seperti bersentuhan langsung dengan unta, minum susu unta mentah atau air kencing unta dan bahkan mengkonsumsi daging unta yang belum dimasak dengan baik. Menurut hasil penelitian dari WHO.

Manfaat air kencing unta saat ini kembali mencuat dan tengah menjadi perbincangan hangat di publik, tidak sedikit orang yang merasa yakin dengan kandungan zat yang dapat menjadi penyembuh dari penyakit kanker yang terkandung di dalamnya. Meski demikian, alangkah baiknya jika kita semua tidak langsung meyakininya begitu saja dengan manfaat dan khasiat dari air kencing unta untuk kesehatan yang saat ini digembar-gemborkan, apalagi jika belum ada studi lebih lanjut yang dilakukan oleh pihak medis untuk membuktikan khasiatnya tersebut pada tubuh manusia.

Itulah penjelasan yang dapat kami informasikan dari berbagai pihak mengenai manfaat air kencing unta untuk kesehatan, semoga informasi yang telah kami bagikan diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi para pembaca sekalian.

Terima kasih dan sampai jumpa.

error: